Friday, November 25, 2016

Tips Mencegah Jerawat Batu Datang Dan Timbul Kembali Setelah Sembuh Alami















Ketika jerawat muncul dengan ukuran yang cukup besar dan bahkan disertai nanah sebab adanya infeksi karena debu, maka bisa disebut sebagai jerawat batu. Jerawat ini kerap kali meradang dan bahkan membuat kulit wajah tampak parah. Walaupun cuma jerawat, penderita bisa merasa tidak percaya diri karena letaknya di bagian yang tidak enak dilihat, di area yang tidak bisa ditutupi, atau bahkan masih tampak jelas walau sudah ditutupi denga foundation karena memang cukup meradang. Jerawat jenis ini cukup berbeda dengan jerawat pasir. Untuk mereka yang mengalami masalah jerawat batu, mereka mungkin butuh banyak waktu karena lebih susah dihilangkan apalagi dengan ukuran yang besar dan jumlahnya yang tidak sedikit. Makanya Mencegah Jerawat dan komedo menjadi tindakan tepat untuk dilakukan.

Tips Mencegah Jerawat Batu Datang Dan Timbul Kembali Setelah Sembuh Alami

Daripada mengobati, alangkah lebih baik kalau anda tahu terlebih dahulu apa saja cara untuk Mencegah Jerawat batu. Jadi, ketika jerawat batu sudah sembuh, lakukan berbagai pencegahan berikut agar tidak datang atau muncul kembali.

Cara Mencegah Jerawat Batu dan jerawat biasa Secara Alami

Tips Mencegah Jerawat Batu Datang Dan Timbul Kembali Setelah Sembuh Alami

 

Cara-cara ini juga alami, sehingga tidak akan beresiko dan tetap aman untuk kesehatan kulit wajah yang tergolong sensitif dibanding area kulit lainnya.

1. Kebersihan wajah
Cara yang paling mendasar adalah agar tetap menjaga kebersihan wajah setiap harinya. Membersihkan wajah harus dilakukan dengan menggunakan sabun pembersih, akan lebih baik jika sabun mengandung antiseptik yang dapat membasmi kuman yang menempel pada wajah karena paparan debu, polusi atau lainnya.
Bersihkan wajah secara rutin dengan sabun tersebut sekitar 2 hingga 3 kali setiap hari. Dengan membersihkan wajah ini, maka anda bisa menghilangkan debu, kotoran dan juga minyak pada wajah. Sebab, ketika semua komponen tersebut tercampur dan melekat di pori-pori kulit wajah, maka akan menyumbat dan menimbulkan jerawat. Selain itu, menjaga kebersihan wajah akan membuat anda tampak lebih segar, kulit cerah dan tampak lebih muda.
2. Selektif masalah makanan
Cara Mencegah Jerawat pasir juga bisa dilakukan dengan lebih selektif lagi dalam memilih makanan. Jerawat batu bisa muncul karena faktor makanan yang anda konsumsi yang kurang sehat untuk kulit wajah. Makanan memang sumber energi terutama kalau anda punya jadwal yang padat. Tetapi, jangan asal makan hanya untuk membuat perut kenyang. Makanan yang sehat menjadi asupan nutrisi yang baik pula untuk tubuh. Penuhi kebutuhan vitamin dan hindari makanan yang memicu munculnya jerawat. Percaya atau tidak, makanan yang sehat dengan nutrisi yang tinggi dapat membuat kulit menjadi bercahaya dan lebih sehat.

3. Pakai make up yang natural
Memang benar bahwa para wanita tidak bisa lepas dari make up. Selain sebagai alat pribadi yang selalu dibawa kemana-mana, alat ini tergolong lebih penting jika dibandingkan dengan ponsel. Menghiasi wajah adalah hal yang mutlak dilakukan oleh semua kaum hawa yaitu dengan menggunakan make up setiap hari. Tetapi, ada resiko yang cukup tinggi kalau anda menggunakan make up terlalu tebal. Ya, justru pori-pori kulit menjadi tersumbat dan kesulitan bernafas. Saat itulah, ketika foundation menutup pori-pori dan bedak terlalu tebal, maka jerawat pun akan segera muncul.
Tidak sedikit juga para ahli kecantikan yang sangat menyarankan bahwa akan lebih baik menggunakan make up yang tampak natural, tidak terlalu tebal dan enak dipandang. Jika sudah terbiasa menggunakan make up, alangkah baiknya untuk segera membersihkan sisa-sisanya dari wajah dengan benar-benar bersih sehingga tidak menyumbat pori-pori kulit wajah. Selain itu, anda juga harus betul-betul memperhatikan kebersihan alat-alat make up. Alat-alat tersebut wajib dicuci paling tidak 3 kali seminggu supaya tidak menjadi sarang bakteri dan malah menimbulkan masalah kesehatan kulit.

4. Kebersihan rambut harus juga dijaga
Rambut merupakan mahkota, apalagi rambut yang bersih dan sehat. Terus apa hubungannya rambut dengan jerawat batu di wajah? Ya, rambut bisa menjadi penyebab munculnya jerawat batu yang ada di kulit wajah. Ketika rambut yang panjang terbiasa digerai dan tidak diikat apalagi ketika sedang berada di luar ruangan, rambut menjadi mudah sekali ditempeli debu.
Nah, ketika debu jatuh mengenai wajah tanpa sepengetahuan anda dan anda tidak mencuci wajah setelah masuk ke ruangan, maka hal ini bisa membuat jerawat lebih mudah muncul. Hal ini disebabkan debu yang jatuh tadi akan menutupi pori-pori wajah. Untuk Trapi Mencegah Jerawat batu muncul, maka disarankan agar menggunakan topi, helm atau penutup kepala lainnya ketika sedang berada di luar ruangan. Rambut juga sebaiknya diikat supaya tidak mengenai wajah.

5. Buang kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan
Untuk yang satu ini memang sangat sulit dihindari. Ada beberapa hal yang kadang membuat tangan menjadi spontan untuk menyentuh wajah. Hal ini adalah kebiasaan yang tidak banyak orang sadari. Contohnya, ketika rambut anda jatuh dan menghalangi pandangan, anda akan langsung refleks menyapu rambut ke samping. Atau, ketika anda sedang santai, anda mungkin akan mengusap wajah, menyentuh pipi, menarik hidung, memijat kening atau lainnya yang sering dilakukan banyak orang. Padahal kebiasaan seperti ini tidak boleh sering dilakukan.
Seperti yang anda ketahui, tangan adalah sumber bakteri. Sebab, organ tubuh yang satu ini adalah organ yang paling aktif dan sering digunakan untuk berbagai aktifitas seperti mengetik laporan, menghitung uang, mengangkat barang dan menyentuh ponsel dimana pada semua benda tersebut terdapat bakteri yang cukup banyak. Inilah yang membuat jerawat batu bisa muncul tanpa bisa dicegah.
Untuk itu, biasakan mencuci tangan sebagai cara Mencegah Jerawat yang muncul sebelum menyentuh wajah terutama untuk kondisi yang tidak bisa ditahan, seperti gatal.

6. Olahraga
Cara berikutnya yang sangat efektif untuk dilakukan dengan mudah guna mencegah munculnya jerawat batu kembali adalah dengan rajin berolahraga. Tidak sedikit orang yang tidak punya waktu untu berolahraga, karena memang saat ini semua serba sibuk. Padahal, ketika anda meluangan waktu untuk berolahraga paling tidak 15 menit dua kali dalam seminggu, maka sudah pasti cara ini sangat membantu tubuh untuk tetap sehat, sebab sirkulasi atau peredaran darah menjadi lebih lancar.
Apa dampak jika sirkulasi darah menjadi lebih lancar? Perbaruan sel-sel yang mati menjadi lebih cepat. Sehingga, tubuh menjadi lebih mudah sehingga tubuh bisa memproduksi sel-sel baru yang membuat segalanya menjadi sedikit membaik seperti wajah jadi awet muda, kulit dan otot yang kencang, badan bugar, stamina tubuh membaik dan bahkan kulit bisa lebih bercahaya.
Untuk anda yang harus bekerja di kantor, anda tidak perlu pergi ke gym dan kesulitan mengatur waktu karena tidak mungkin bolos. Ya, anda bisa menggunakan fasilitas kecil di sekitar supaya bisa berolahraga ringan. Misalnya, pilih lantai ketimbang lift untuk menuju lantai berikutnya supaya badan tetap bergerak dalam beberapa menit. Baca juga: Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Cepat Untuk Pria Remaja.

7. Jangan mudah stress
Bagi mereka yang benar-benar sibuk dan menjadi tertekan akibat banyaknya deadline yang harus dikejar, mungkin stress menjadi lebih mudah datang. Beberapa pakar kesehatan menyatakan bahwa stress harus dikelola dengan baik dengan mengendalikan emosi agar mood menjadi membaik dalam kondisi yang kurang bagus. Pengelolaan stress akan membantu tubuh agar tidak mengalami masalah jerawat batu.
Tips Mencegah Jerawat timbul kembali dengan cara mengendalikan stress bisa dilakukan misalnya dengan tetap tenang dan coba menenangkan diri seperti dengan menghirup nafas dalam-dalam dan dikeluarkan secara perlahan-lahan melalui mulut. Jangan anggap kendala yang sedang dihadapi adalah beban yang membuat semua aktifitas menjadi terbengkalai.
8. Istirahat cukup
Istirahat yang cukup adalah cara efektif untuk membuat jerawat tidak muncul. Istirahat sangat diperlukan tubuh agar tetap rileks setelah seharian melakukan banyak aktifitas. Waktu terbaik untuk istirahat adalah malam hari. Akan lebih baik kalau tidak memberikan beban pikiran apapun pada otak agar tidur menjadi lebih nyenyak. Anda juga tidak perlu memeriksa notifiasi pesan masuk untuk bisnis anda saat hendak istirahat. Istirahat sangat dibutuhkan tubuh guna mengembalikan energi untuk pagi hari. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari begadang dan sayangi diri sendiri dengan memberikan batas waktu untuk bekerja tidak sampai tengah malam.

9. Jaga tubuh agar tidak dehidrasi
Cara yang tepat agar tubuh tidak dehidrasi adalah dengan menjaga asupan air pada tubuh. Tubuh tidak boleh sampai kekurangan kadar air dan harus selalu diusahakan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Kalau bosan dengan air putih, anda bisa membuat jus buah, jus sayur, teh atau kopi hangat. Saat tubuh mengalami dehidrasi, maka bukan hanya masalah jerawat saja yang muncul, tetapi bahkan organ penting tubuh didalam juga akan mengalami gangguan.

10. Pakai pelembab
Cara Mencegah Jerawat bisa juga dengan menggunakan pelembab. Untuk negara yang memiliki iklim tropis, pelembab masih dibutuhkan terutama kalau jenis kulit anda adalah kulit kering. Jaga agar kulit tidak kering sebab akan memicu kelenjar minyak di wajah untuk memproduksi minyak dalam jumlah banyak sehingga wajah menjadi lembab.
Tetapi, cara ini tidak disarankan untuk anda yang punya jenis kulit sensitif. Karena hanya akan memicu jerawat batu yang besar. Bukan hanya itu, menggunakan pelembab juga butuh ketelitian. Maksudnya, pelembab yang digunakan harus sesuai dengan jenis kulit. Ketahui terlebih dahulu apa jenis kulit anda, sehingga anda bisa memilih pelembab yang tepat. Sebab, pelembab itu semuanya berbeda dan didesain khusus berdasarkan jenis kulit. Jadi, kalau jenis kulitnya adalah kering, maka harus beli pelembab yang khusus kulit tersebut. Tetapi, kalau memiliki jenis kulit berminyak, pilih pelembab dengan kandungan oil free.

Mencegah Jerawat kerena hormon bisa sekali dilakukan dengan menggunakan cara-cara sederhana, alami dan dimulai dari kebiasaan-kebiasaan yang sehat sebagaimana pada ulasan di atas. Kuncinya adalah tetap menjaga kebersihan wajah dari luar, yaitu dengan rajin cuci muka dan dari dalam yaitu dengan berolahraga atau menghindari makanan yang tidak sehat.

Kalau Mencegah Jerawat setelah sembuh  membuat anda kesulitan sebab anda tidak tahu apa pemicunya, maka cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah tetap melakukan perawatan alami di atas dan diimbangi dengan konsultasi dengan dokter. Sebab, dokter kulit tahu program dan tips apa saja untuk membuat wajah bebas dari jerawat batu.
Sekian saja dari kami www.obatjerawatan.com Semoga membantu!
Previous Post
Next Post

0 comments: