Thursday, January 26, 2017

Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Bekasnya Serta Bahayanya















Bawang putih untuk jerawat review - Selain menjadi salah satu primadona pelengkap bumbu dapur yang digunakan untuk menyedapkan rasa masakan. Bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan wajah. Bahkan terdapat banyak produk herbal yang menggunakan bawang putih sebagai bahan kandungan utamanya. Dikarenakan khasiatnya sudah terbukti hebat, bawang putih pun bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengobati jerawat. Kandungan yang terdapat pada bawang dapat menghilangkan jerawat tuntas hingga kebagian akarnya dan mencegah timbulnya jerawat datang lagi.

Tubuh memiliki banyak kelenjar, salah satu kelenjar penyebab jerawat yang biasa dikenal ialah kelenjar sebaceous. Kelenjar ini mempunyai peran penting yaitu mensekresi sebum untuk menjaga kulit dan rambut agar terlumasi. Dalam keadaan normal, sebum ini disekresikan dari dalam kelenjar dan akhirnya bisa mencapai jaringan kulit atas. Namun, tubuh terkadang mulai mensekresi kelebihan zat ini dan sel-sel kulit mati. Sehingga folikel rambut akan tersumbat. Ketika folikel rambut terinfeksi, menyebabkan timbulnya bintik-bintik merah dengan noda putih yang biasa disebut sebagai jerawat. Jerawat juga bisa ditimbulkan oleh beberapa penyebab substansial lainnya, seperti kandungan minyak berlebih pada wajah, kontribusi hormon, bakteri, alergi obat/makanan tertentu dan faktor genetik.

Mengobati jerawat bisa dengan melakukan perawatan ke salon atau dengan menggunakan obat khusus jerawat. Tetapi biaya untuk itu semua tidaklah sedikit, anda harus menyiapkanya. Selain itu juga pengobatan dengan memakai produk kecanttikan di khawatir kan bisa menimbulkan efek samping atau wajah jadi lebih sensitif. Maka itu dianjurkan bagi anda yang mempunyai wajah sensitif mencoba solusi Bawang putih untuk jerawat dan bekasnya. Karena bahan alami ini mampu

Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Bekasnya Serta Bahayanya

Jika ditanya tentang khasiat beserta manfaatnya bawang putih untuk jerawat pasti sangatlah banyak. Selain mudah dicari bahan alami ini juga tidak sulit mengolahnya agar kita dapat mengambil khasiatnya.

Khasiat Dan Manfaat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Bekasnya Serta Bahayanya

Manfaat dan Khasiat Bawang Putih Untuk Jerawat Dan Bekasnya

Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk jerawat:

1. Membersihkan komedo
Umumnya, jerawat akan timbul pada wajah dengan diserta munculnya komedo terlebih dahulu. Komedo tersebut timbulnya dibagian-bagian tertentu pada wajah, seperti hidung, sekitar dagu, dll. Bawang putih mengandung anti-bakteri serta anti-biotik alami yang mampu mengusir bakteri jahat yang ikut mengendap didalam pori-pori sehingga membuatnya komedo beserta lemak dalam wajah dapat dikeluarkan dikeluarkan dengan mudah dan anti-bekteri penyebab nya datang lagi.

2. Mengurangi peradangan akibat jerawat
Biasanya pada awal timbulnya jerawat, di wajah akan terasa perih, sakit, gatal hingga memerah serta dapat menimbulkan peradangan jerawat di wajah dan sensitif. Kandungan zat anti-inflamasinya yang terkandung pada bawang putih sangat baik berperan aktif untuk mengurangi peradangannya. Juga dapat mengurangi warna kemerahan pada jerawat akibat sensitifnya kulit dan mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan jerawat dengan memberikan sensasi dingin pada kulit wajah.

3. Menghilangkan noda hitam
Khasiat bawang putih untuk jerawat meradang lainnya ialah dapat menghilangkan noda hitam yang ditimbulkan oleh bekas jerawat. Kebiasaan buruk dengan memencet atau menyentuh jerawat juga dapat menyebabkan jerawat meradang dan meninggalkan bekasnya yang berbentuk seperti noda hitam. Noda tersebut dapat mempengaruhi penampilan anda didepan publik. Zat anti inflamasi pada bawang mampu memudarkan noda tersebut sehingga wajah bisa terbebas dari noda dan kembali cerah.

4. Membantu mengempeskan jerawat
Jerawat dengan warna kemerahan dan berbentuk agak besar biasanya adalah jerawat yang meradang. Jika disentuh sedikit pun jika jerawat meradang pasti anda akan merasakan sakit. Dengan menggunakan bawang putih untuk jerawat batu sebagai masker, dengan pemakaian rutin jerawat yang besar dan meradang seiring pemakaian akan mengempis dan mengecil dengan sendirinya. Sehingga jerawat lebih cepat mengering dan sembuh tanpa meninggalkan bekas yang dibenci oleh kaum wanita.

Cara Menggunakan Bawang Putih Untuk Menghilangkan Jerawat

Itulah beberapa manfaat dan khasiat bawang putih untuk menghilangkan jerawat. Lalu bagaimana cara penggunaannya pada wajah? Berikut akan kami berikan tips penggunaan bawang putih yang bisa anda aplikasikan dirumah setelah membaca artikel ini:

a) Memanfaatkan irisan bawang putih
Bawang putih untuk jerawat yang pertama ialah cara yang paling simple. Yaitu cukup dengan mengiris bawang putih kecil-kecil dari dua siung bawang putih atau lebih.
Cara penggunaanya:
  1. Iris tipis-tipis 2-3 siung bawang putih, lalu ambil beberapa irisan bawang,
  2. Tempelkan dan gosokkan irisan bawang putih tersebut ke area wajah yang berjerawat atau jerawat yang telah meradang,
  3. Diamkan selama 5-10 menit,
  4. Kemudian bilas menggunakan air dingin,
  5. Lakukanlah perawatan ini rutin setiap hari hingga jerawat menghilang dari wajah cantik anda.

b) Masker bawang putih
Selain dengan menempelkan dan mengosokkan irisan bawang putih pada wajah, anda juga bisa membuat masker bawang putih dan mengaplikasikannya pada wajah. Pemakaian atau pengunaan masker bawang putih ini disarankan saat anda sebelum tidur agar penyerapan nutrisi dari bawang putih pada wajah anda dapat dilakukan secara optimal.
Berikut langkah pengunaan masker bawang putih:
  1. Siapkan 2-4 siung bawang putih,
  2. Haluskan bawang putih bisa dengan diblender atau ditumbuk dan dicampurkan dengan sedikit air, tempatkan pada wadah bersih,
  3. Oleskan masker bawang putih tersebut pada wajah yang berjerawat, oleskan tipis dan hindari bagian mata atau jangan terlalu dekat dengan area mata,
  4. Diamkan wajah hingga 10-30 menit, Lalu bilas wajah dengan air dingin.
  5. Lakukan perawatan ini hingga jerawat di wajah anda menghilang.

c) Campuran bawang putih dengan cuka
Ada banyak cara untuk membuat masker bawang putih, salah satunya dengan ditambahkan cuka dapur. Kenapa harus ditambahkan cuka? Karena cuka mengandung zat yang berperan aktif membunuh bakteri dan kuman penyebab jerawat.
Berikut beberapa langkah pembuatan beserta pengunaannya:
  1. Haluskan 2-3 siung bawang putih,
  2. Lalu tambahkan cuka dapur ½ sendok makan atau sendok putih,
  3. Aduk rata, lalu tempatkan pada wadah bersih,
  4. Oleskan campuran masker bawang putih dan cuka tersebut pada wajah yang berjerawat,
  5. Oleskan tipis-tipis dan hindari pengunaan terlalu dekat denga area mata,
  6. Diamkan hingga 5-10 menit atau hingga mengering,
  7. Setelah selesai cuci wajah anda dengan sabun muka dan air dingin.

d) Masker bawang putih dengan jeruk nipis dan minyak zaitun
Minyak zaitun dan jeruk nipis telah diakui kehebatannya sebagai solusi pada wajah berjerawat. Sebab dua bahan tambahan ini memiliki kemampuan untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah dan juga dapat menjaga kelembabannya sehingga kulit tidak terlalu kering sesudah memakai masker ini.
Berikut langkah-langkah pengunaannya:
  1. Haluskan 2-3 siung bawang putih,
  2. Peras 1 jeruk nipis, tambahkan perasan air jeruk nipis 1 sendok teh kedalam bawang putih yang telah dihaluskan,
  3. Tambahkan juga ½ sendok teh minyak zaitun,
  4. Aduk hingga rata campuran ketiga bahan tersebut,
  5. Oleskan masker tersebut pada wajah yang berjerawat, tunggu hingga 20 menit kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat

Bawang putih selain khasiatnya bisa dimanfaatkan untuk jerawat dan bekasnya, ternyata juga mempunyai efek bahayanya bagi kita. Itu semua memang tergantung pada berlebihan atau tidaknya kita dalam penggunaan bahan alami bawang putih ini. Apa efek samping menghilangkan jerawat dengan bawang putih pada wajah kita? Berikut beberapa penjelasan tentang Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat :

1. Rasa perih dan iritasi pada jerawat
Awal dari rasa perih yang terdapat pada jerawat setelah pemakaian masker bawang putih, bisa menyebabkan iritasi. Ini disebabkan oleh sensitifnya kulit wajah terkena sensasi panas yang ditimbulkan oleh bawang putih. Terutama jika pemakaian masker pada jerawat dalam kondisi terbuka atau luka. Cara terbaik untuk menghindari rasa perih dan iritasi pada wajah ialah dengan menghindari pemakaian bawang putih secara topikal. Ini terjadi karena wajah anda memiliki type yang sensitif. Namun, jika sudah terlanjur menggunakan masker ini, untuk menghindari rasa perih anda bisa menggunakan masker timun sebagai pereda rasa perih dan iritasi di wajah. Penggunaan masker timun dapat membantu proses penyembuhan jerawat dan hentikan segera pemakaian bawang putih jika tidak cocok pada wajah anda.

2. Rasa panas pada jerawat
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pemakaian bawang putih secara topikal dan langsung pada wajah (terlebih jika wajah anda sensitif). Dapat mengakibatkan rasa panas seperti terbakar. Panas yang ditimbulkan membuat wajah anda dalam keadaan tidak nyaman dan berujung pada rasa nyeri di bagian jerawat disertai efek seperti denyutan. Jika anda sudah terlanjur menggunakan masker ini dan merasakan perih serta panas pada wajah, untuk mengobatinya anda bisa mengambil sari bawang putih untuk dicampurkan dengan madu yang dapat menetralisirkan panas yang ditimbulkan bawang putih, sehingga anda tetap dapat menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat di wajah. Baca juga perawatan wajah lainnya: Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis, Lemon, Bawang Putih, Pasta Gigi, Telur, Timun Dan Tomat.

3. Menimbulkan flek hitam
Biarpun salah satu manfaat bawang putih untuk jerawat ini dapat menghilangkan jerawat beserta bekasnya ternyata juga dapat memicu timbulnya flek hitam pada wajah. Ini disebabkan rasa panasnya bawang putih pada wajah sensitif membuat jerawat berubah menghitam sehingga jerawat akan menjadi flek hitam ketika jerawat sudah menghilang di wajah. Hentikan pemakaian bawang putih saat wajah anda sudah merasakan efek panas, lalu beralihlah anda pada pemakaian masker pada bahan alami lainnya seperti lemon, ekstrak kulit manggis, asam jawa, dan bahan lainnya.

4. Timbul peradangan
Efek bahaya lain bawang putih untuk jerawat parah ialah bisa menimbulkan lanjutnya peradangan pada jerawat. Efek bahaya pemakaian masker bawang ini pada wajah selain rasa panas, perih dan menimbulkan iritasi juga bisa membuat jerawat jadi meradang. Kenapa demikian? Ini disebabkan pemakaian bawang putih berlebihan dan terkena debu disekeliling (bagi wajah sensitif). Cirinya ialah setelah pemakaian 1-2 kali wajah anda bukan berkurang malah bertambah dengan skala kecil awalnya dan bertambah dengan disertai warna merah. Hentikanlah pemakaian bawang putih jika anda merasakan gejala tersebut. Segera pakailah obat herbal untuk menghentikan peradangan seperti obat herbal atau obat lainnya di apotik.

Pemakaian berlebihan akan sesuatu memang berdampak tidak baik bagi kita sendiri. Maka itu bijaklah dalam menggunakan sesuatu seperti masker ini. Jika perawatan ini dirasa tidak cocok atau menimbulkan efek bahaya dalam sekali pakai, anda harus menghentikan pemakaian tips bawang putih untuk jerawat. Sekian saja dari www.obatjerawatan.com dan Selamat mencoba.
Previous Post
Next Post

0 comments: