Loading...

Sunday, January 8, 2017

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Secara Alami Timbul Dan Tidak Tumbuh Lagi

Cara mencegah jerawat secara alami mungkin akan selalu dicari banyak orang karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Cara mencegahnya pun berprinsip pada baberapa hal. Yang utama adalah anda agar bisa menghindari supaya jerawat tidak tumbuh lagi di bagian kulit anda. Oleh sebab itu, beberapa penyebab timbulnya jerawat sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu sebelum melakukan pengobatan.

Seperti yang kita ketahui bahwa jerawat telah dikenal sebagai salah satu penyakit kulit yang sering dialami manusia. Timbulnya jerawat kadang bisa mengganggu penampilan anda karena bisa merusak wajah. Pada umumnya jerawat disebabkan karena produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada area tertentu.
Kelenjar minyak tersebut bisa menyumbat pori-pori kulit. Selain itu timbulnya jerawat juga disebabkan oleh beberapa faktor yang bisa menyebabkan jerawat tersebut tumbuh pada bagian kulit tertentu.

Kulit pada wajah sebaiknya bersihkan terlebih dahulu jika anda mau pergi tidur. cara mencegah jerawat sangatlah penting. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Sebenarnya jerawat merupakan musuh utama bagi kulit wajah. Karena wajah merupakan bagian tibuh yang selalu terlihat oleh orang lain.
Lalu tahukah anda bagaimana cara mencegah timbulnya jerawat? Jerawat bisa datang kapan saja dan hal yang terpenting adalah anda harus mengetahui tentang cara mencegahnya terlebih dahulu agar jerawat tersebut tidak semena-mena nangkring di wajah cantik anda.

Tips Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Secara Alami Timbul Dan Tidak Tumbuh Lagi

Bagaimana Cara Mencegah Jerawat Secara Alami Timbul Dan Tidak Tumbuh Lagi

Artikel sebelumnya telah membahas tentang penyebab jerawat, nah sekarang waktunya kita akan membahas tentang cara mencegah jerawat agar tidak tumbuh lagi dan agar tidak timbul di wajah . Munculnya jerawat pada wajah bisa berdampak buruk bagi anda yang pernah mengalaminya. Seperti contoh anda akan tidak percaya diri karena penampilan anda, stress, bahkan depresi. Terlebih lagi jika jerawat yang ada pada wajah, ada banyak sekali.

Cara Mencegah Jerawat Secara Alami Agar Tidak Muncul Lagi

Namun kadang ada beberapa orang yang melakukan perawatan agar jerawat tersebut tidak datang lagi menghiasi kulit, namun hal itu tidak membuahkan hasil seperti yang diinginkan. Nah, hal itu mungkin orang tersebut melakukan metode pengobatan serta pencegahan jerawat yang kurang tepat. Lalu, bagaimanakah cara mencegah jerawat secara alami dan tidak akan tumbuh lagi pada wajah? Tenang saja, artikel ini akan membahasnya secara lengkap dan tuntas. Simak beberapa cara berikut ini:

1. Mengkonsumsi air putih yang banyak
Cara mencegah jerawat yang akan tumbuh pertama yakni merupakan cara yang paling simple dan sederhana, cara tersebut adalah dengan mengkonsumsi air putih sebanyak-banyaknya setiap harinya. Mengapa sih mengkonsumsi air putih itu sangat penting untuk mencegah timbulnya jerawat? Ternyata air putih bisa mendektofisikasi berbagai macam racun yang terdapat dalam tubuh anda serta bisa menyingkirkan darah kotor yang bisa membuat timbulnysa jerawat. Oleh sebab itu dengan mengkonsumsi banyak air putih merupakan salah satu cara jitu untuk mengatasinya.

Air putih juga bisa mengontrol produksi minyak pada kulit anda, sehingga dapat meminimalisir timbulnya resiko tumbuh jerawat yang disebabkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh minyak berlebih. Oleh karena itu, disarankan bagi anda sebaiknya mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas perharinya atau setara dengan 2,5 liter bagi wanita dan 3 liter bagi laki-laki per harinya.
2. Hindari terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan
Cara yang kedua juga merupakan cara yang simple dan mudah seperti halnya nomor satu. Meskipun cara tersebut merupakan cara yang simple, namun memiliki peran yang begitu besar agar anda bisa terhindar dari munculnya jerawat dikemudian hari. Jangan terlalu sering untuk menyentuh bagian kulit wajah anda dengan tangan anda, apalagi jika tangan anda dalam keadaan kotor.

Kenapa sih tidak boleh terlalu sering menyentuh kulit wajah dengan tangan? Ternyata hal ini disebabkan kulit wajah termasuk kulit yang sensitif jika dibandingkan dengan bagian kulit lainya. Pada saat anda menyentuh wajah dengan menggunakan tangan, dikhawatirkan nantinya kotoran, debu serta bakteri yang ada pada tangan akan berpindah ke kulit wajah anda. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan resiko timbulnya jerawat pada area wajah anda. Jika anda menyentuh kulit wajah, sebaiknya cucilah tangan anda terlebih dahulu dengan menggunakan air bersih disertai dengan sabun agar tetap terjaga kebersihanya.
3. Mencuci wajah setiap hari
Ketika anda benar-benar ingin mencegah jerawat untuk timbul kembali di bagian kulit anda, terutama jerawat yang timbul di bagian kulit wajah, maka anda harus lebih rutin dan teratur untuk membersihkan atau mencuci bagian wajah anda, paling tidak cucilah wajah anda 2X sehari agar kelembaban pada wajah anda selalu terjaga.

Kenapa sih diharuskan untuk mencuci bagian wajah setiap harinya untuk mencegah jerawat tersebut muncul? jika anda tidak pernah mencuci wajah anda, maka debu, kotoran, bakteri, keringat serta polusi udara akan bisa menempel pada kulit wajah anda. Jika wajah andamalas membersihkanya, maka debu, bakteri, keringat, polusi dan juga kotoran yang ada disekitar anda akan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat dikemudian hari. Oleh sebab itu, janganlah malas untuk mencuci wajah anda agar terhindar dari jerawat yang bermunculan menghiasi wajah anda.

4. Mengkonsumsi makanan yang tepat
Ternyata makan merupakan faktor penting untuk menentukan jerawat itu timbul dan kembali apa tidak. Cara mencegah jerawat tumbuh selanjutnya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang tepat, oleh sebab itu sebaiknya jauhi beberapa makanan yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Makanan tersebut semisalnya seperti makanan yang mengandung minyak, santan, pedas dan juga makanan siap saji atau sering disebut dengan makanan junk food.

Makanan tersebut bisa merangsang serta menstimulus kulit anda utuk memproduksi lebih banyak minyak. Jika produksi minyak itu berlebih, hal ini akan bisa meningkatkan resiko pori-pori yang tersumbat dan bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat di bagian kulit anda. Untuk itu sebaiknya hindarilah makanan-makanan yang bisa memicu timbulnya jerawat. Cobalah untuk mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan.

5. Istirahat yang cukup
Cara selanjutnya adalah dengan istirahat yang cukup. Hal ini merupakan faktor penting agar jerawat tidak tumbuh lagi di kulit anda. Menurut penelitian, jika anda memiliki waktu tidur sekitar 8 jam perharinya, hal ini akan berdampak sangat signifikan sebagai cara mencegah jerawat secara tradusional tersebut.

Pada saat anda memiliki waktu istirahat yang cukup, hal ini sama saja anda memberi kesempatan pada tubuh anda untuk meregenerasi sel-sel yang ada dalam tubuh. Salah satunya adalah kulit yakni kulit yang telah rusakbisa segera diperbaiki karena dengan beristirahat yang cukup dapat memicu pertumbuhan sel-sel baru. Oleh sebab itu jerawat tidak akan tumbuh lagi akibat penumpukan sel-sel kulit mati.

6. Olahraga secara teratur
Selain beristirahat yang cukup, dengan melakukan olahraga setiap hari secara teratur dan rutin juga bisa membantu anda utuk mencegah jerawat tumbuh lagi serta bisa menghilangkan beberapa macam faktor penyebab munculnya jerawat tersebut.
Dengan melakukan olahraga selama 1jam perharinya, maka resiko tumbuhnya jerawat di bagian kulit anda secara otomatis akan berkurang dengan sendirinya. Kenapa sih dengan berolahraga secara rutin bisa mencegah jerawat itu timbul?
Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat anda berolahraga secara teratur dan rutin, secara otomatis anda dapat mengeluarkan segala zat dan racun yang berbahaya yang ada dalam tubuh lewat keringat. Tentu saja dengan melakukan cara ini akan bisa menghindarkan anda dari tumbuhnya jerawat karena pori-pori kulit anda secara otomatis akan menjadi lebih bersih jika dibandingkan anda tidak melakukan olahraga.
Olahraga juga bisa memicu produksi kolagen dimana fungsi kolagen itu sendiri dalah untuk menghaluskan kulit anda. Selain itu, kolagen juga berfungsi untuk mengontrol produksi hormon DHT dan DHEA yang tentunya yang bisa memicu pertumbuhan jerawat itu sendiri.

7. Mandi secara teratur
Cara mencegah jerawat membesar selanjutnya adalah dengan mandi secara teratur. Paling tidak anda mandi 2X dalam sehari. Mandi merupakan hal yang paling penting pada saat anda selesai melakukan beberapa aktifitas fisik seperti olahraga. Dengan hal itu akan membuat anda bisa mengeluarkan banyak keringat pada tubuh anda.
Pada saat anda selesai berolahraga atau beraktifitas yang menyebabkan anda mengeluarkan keringat, maka secara otomatis akan ada kotoran, debu dan juga bakteri yang akan menempel pada bagian kulit anda. Jika anda tidak segera mandi, makan bakteri tersebut akan menempel pada tubuh anda yang akan bisa menyumbat pori-pori yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.
Oleh sebab itu, disarankan untuk mandi 2 kali sehari secara rutin. Jika anda bisa melakukan hal ini, akan dipastikan bahwa segala kotoran, debu dan juga bakteri akan enyah dari kulit anda.

8. Gunakan sabun anti bakteri
Menggunakan sabun antibakteri ketika mandi merupakan salah satu cara yang paling jitu supaya jerawat tidak tumbuh kembali pada kulit anda. Gunakanlah sabun ini secara perlahan dan lembut ketika anda menggosokkanya agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Jika anda memilih sabun antibakteri, sebaiknya pilihlah produk sabun yang telah memiliki kandungan asam salisilat atau benzoil peroksida.
Apa benar asam salisilat atau benzoil peroksida bisa mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit? Mungkin pertanyaan seperti itu selalu muncul dibenak anda. Tenyata benzoil peroksida mampu utnuk membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, oleh karena itu tidak heran jika senyawa tersebut mampu mencegah tumbuhnya jerawat pada kulit anda.
Asam salisilat itu sendiri mampu membasmi sel-sel kulit mati dan juga menghilangkan minyak yang berlebih. Jadi hal ini akan menghentikan tumbuhnya jerawat yang disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat dan minyak berlebih.

9. Menjaga kebersihan rambut
Pada saat mandi, menjaga kebersihan rambut merupakan hal sangat penting. Cara mencegah jerawat batu yang mudah dilakukan dengan cara anda keramas minimal 2X sehari agar kebersihan rambut anda selalu terjaga. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan jerawat kecil-kecil pada dahi dan area kepala. Hal ini juga bisa mencegah timbulnya jerawat dikemudian hari.

Bagi anda yang mempunyai rambut panjang, tentu saja beberapa helai jelas akan menempel pada bagian tubuh anda seperti menempel di bagian punggung, dahi dan juga pipi. Nah jika anda tidak bisa menjaga kebersihan rambut, maka bakteri akan yang ada di rambut anda, akan berpindah tempat ke bagian punggung, dahi dan juga pipi. Hal inilah yang bisa menyebabkan terjadinya peradangan pada kulit dan bisa menimbulkan jerawat pada kulit tersebut. Oleh sebab itu pastikan, anda bisa menjaga kebersihan rambut anda dengan cara keramasa dengan menggunakan shampoo.Baca juga: Cara Mengobati Jerawat Batu Yang Meradang Dan Bernanah Dengan Cepat.

10. Kebersihan handuk, sarung bantal dan baju
Jika anda rajin untuk menjaga kebersihan badan serta tubuh dengan cara mandi secara teratur, mencuci rambut, dan juga mencuci kulit wajah secara rutin saja ternyata belum cukup untuk mencegah munculnya jerawat jika anda tidak pernah memperhatikan masalah kebersihan sarung bantal, baju dan handuk anda.

Cara mencegah jerawat dan komedo dengan melihat kebersihan tersbut juga sangat efektif agar terhindar dari timbulnya jerawat. Tidak heran lagi jika, sarung bantal handuk, dan juga pakaian merupakan benda yang paling sering bersentuhan dengan kulit anda. Oleh sebab itu jika anda tidak bisa menjaga kebersihan barang-barang tersebut , kuman dan bakteri akan selalu berkembang biak. Secara otomatis kuman tersebut akan berpindah ke kulit anda. Hal itulah yang bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat.

11. Stress
Cara selanjutnya yakni hindari sterss karena hal ini sangat penting untuk tidak stress dengan cara mencegah jerawat tumbuh lagi di kulit anda. Pada saat anda mengalami stress dan depresi dalam tempo yang cukup lama, hal itu bisa menyebabkan jerawat akan tumbuh secara subur pada kulit.

Ketika anda mengalami stress, akan membuat ketidakseimbangan pada produksi hormon. Nah pada ketidakseimbangan inilah, produksi hormon ini dapat memicu aktifnya reseptor pada sel-sel kulit yang memproduksi sebum jadi pada saat anda mengalami stress, maka sebum yang telah diproduksi kulit akan menjadi lebih meningkat daripada sebelumnya.

Jika sebum telah berinteraksi dengan debu, bakteri dan juga kotoran pada kulit anda,itu akan menyebabkan tersumbatnya pori-pori pada kulit, sehingga penyakit pun akan timbul. Nah, oleh sebab itu, sebaiknya kendalikanlah kadar stress anda mulai dari sekarang agar jerawat tersebut tidak tumbuh lagi.

12. Menghindari paparan sinar matahari
Paparan sinar matahari ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan jerawat di kulit. Sebetulnya sinar matahari akan bisa menyehatkan kulit anda, namun tidak semua sinar matahari menyehatkan kulit anda. Sinar matahari yang tergolong bisa menyehatkan kulit anda adalah sinar matahari yang terdapat pada pagi hari sekitar jam 7 pagi hingga jan 9 pagi. Jika sinar matahari lebih dari jam itu, akan bisa berdampak buruk pada kulit anda dan hal inilah yang akan bisa menimbulkan tumbuhnya jerawat pada kulit anda.

Ketika anda terkena paparan sinar UVB dan UVA dalam waktu yang sangat lama, maka secara langsung kulit anda akan mengalami pigmentasi, dimana hal ini akan membuat kulit anda bertambah gelap serta akan bisa meningkatkan resiko munculnya flek hitam dan juga jerawat berwarna hitam di bagian kulit anda. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakanlah tabir surya ketika anda melakukan aktifitas di luar ruangan.

13. Gunakan kosmetik yang cocok
Cara mencegah jerawat yang terakhir yakni gunakanlah kosmetik yang cocok. Karena jika anda menggunakan kosmetik yang tidak cocok dan penggunaanya secara berlebihan akan memicu tumbuhnya jerawat pada wajah anda. Jadi anda harus lebih berhati-hati dan waspada dalam memilih kosmetik yang mau anda gunakan agar anda terhindar dari jerawat yang dapat menghiasai wajah anda.

Demikian lah tadi beberapa cara mencegah jerawat secara alami timbul dan tidak tumbuh lagi di bagian wajah anda hadiah dari kami www.obatjerawatan.com. Jika anda bisa melakukan pencegahan terlebih dahulu, 90% jerawat tersebut tidak akan tumbuh di wajah anda. Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post

0 comments: