Loading...

Thursday, January 19, 2017

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Usia Anak Remaja 16 Tahun Dan Saat Menstruasi

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat - Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang tidak berbahaya namun seringkali dialami oleh manusia. Jerawat biasanya paling sering menyerang kepada mereka yang berusia remaja sekitar usia 16tahun. Jerawat akan timbul sebagai benjolan yang sangat mirip dengan bisul yang terkadang ada yang berisi darah atau nanah.

Timbulnya jerawat ini akan sangat mengganggu penampilan anda. Selain mengganggu penampilan anda, jerawat tersebut kadang bisa membuat anda terasa sakit jika disentuh. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak hanya penampilan fisik saja yang bisa menimbulkan jerawat. Beberapa ganggunan psikis yang muncul akibat tumbuhnya jerawat adalah rasa yang tidak percaya diri dan kadang ada perasaan yang minder juga.

Mengetahui Tips Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Usia Anak Remaja 16 Tahun Dan Saat Menstruasi

Sudah banyak para remaja yang mencari cara mencegah timbulnya jerawat, namun sebagian remaja tersebut ada yang berhasil, ada juga yang belum berhasil mengatasi hal tersebut. Jerawat merupakan penyakit yang sangat sepele, namun pengaruhnya sangatlah besar, apalagi jika seorang wanita yang masih remaja mengalami hal tersebut.

Pada saat menstruasi biasanya jerawat tersebut disebabkan oleh hormon yang telah dikeluarkan tubuh yang bisa meningkat selama haid berlangsung. Cara mencegah timbulnya jerawat merupakan hal yang sangat penting. Karena jika jerawat tersebut tidak segera dicegah, bisa menjadi lebih parah dari sebelumnya.
Hormon estrogen dan hormon testosteron adalah pemyebab saat menstruasi dan hormon tersebut berklembang selama masa haid berlangsung. Ketika menstruasi akan mulai dialami oleh seorang remaja yakni terutama remaja putri yang sudah mulai menginjak usia dewasa, maka di dalam tubuh para remaja putri tersebut, akan adanya mulai terjadi perubahan hormon yang bisa menyebabkan munculnya jerawat secara mendadak di bagian wajah.

Timbulnya jerawat ini bukan hanya terjadi karena adanya perubahan hormon secara internal saja, yaitu karena adanya ketidakseimbangan antara hormon testosteron dengan hormon estrogen. Akibat karena hormon tersebut juga berakibat pada adanya kecenderugan untuk menjadi lebih sensitif bahkan akan cenderung lebih gampang marah dari biasanya, sehingga remaja putri tersebut akan merasa gampang stres walaupun dalam tahapyang ringan saja.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Usia Anak Remaja 16 Tahun Dan Saat Menstruasi

Faktor Eksternal Penyebab Jerawat Mudah Datang Saat Menstruasi

Bukan hanya dari faktor internal saja yang menyebabkan tumbuhnya jerawat, melainkan faktor external juga bisa menjadi salah satu penyebab tumbuhnya jerawat yang di alami oleh remaja putri. Inilah beberapa faktor eksternal yang sering disepelekan oleh remaja putri sehingga akan lebih mudah berpotensi tumbuh jerawat ketika haid sedang berlangsung seperti contoh:

  1. Tidak menjaga kebersihan tangan, Jika anda salah satu remaja putri yang kurang menjaga kebersihan tangan, hal ini akan bisa berakibat timbulnya jerawat. Timbulnya jerawat karena tangan anda yang kotor menyentuh bagian wajah atau mengusap wajah untuk memencet-mencet jerawat sehingga hal itu semua akan berpotensi untuk munculnya jerawat pada wajah.
  2. Saat mau tidur, sebaiknya jaga kebersihan wajah anda terlebih dahulu. Caranya yaitu bersihkan wajah anda sebelum tidur menggunakan toner untuk membersihkan sisa-sisa make up yang tersisa di bagian wajah. jika tidak dibersihkan pori-pori pada wajah anda akan berpotensi tertutup oleh kotoran, debu bahkan sisa-sisa make up yang menempel.
  3. Kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Sebaiknya pada saat menstruasi tambahkan untuk mengkonsumsi asupan cairan karena ketika menstruasi sedang berlangsung terjadi banyak sekali cairan tubuh yang akan ikut keluar bersamaan dengan keluarnya darah haid.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat Pada Saat Menstruasi

Inilah beberapa cara mencegah timbulnya jerawat pada saat menstruasi sedang berlangsung adalah sebagai berikut:

1. Perhatikan kebersihan wajah
Kebersihan wajah merupakan salah satu penyebab dari faktor eksternal timbulnya jerawat. Dengan cara menjaga kebersihan pada bagian wajah anda akan bisa mencegah timbulnya jerawat karena pada saat menstruasi karena debu atau kotoran yang menempel pada wajah akan bercampur dengan minyak kulit. Oleh sebab itu bersihkan wajah anda minimal 2X sehari. Langkah ini sangat baik terutama jika anda lakukan pada waktu menstruasi.

2. Jangan stress
Sebaiknya kendalikan stress yang berlebih. Karena jika anda bisa mengubah pola pikir anda dengan cara merubah pikiran negatif dengan selalu berusaha menjadikan pikiran yang positif akan bisa mencegah timbulnya jerawat.

3. Tingkatkan asupan cairan
Jika dalam tubuh anda kekurangan cairan, secara otomatis wajah anda akan terlihat kering dan kusam. Jika anda tidak segera menambah asupan cairan dalam tubuh, hal ini akan mengakibatkan tumbuhnya jerawat pada wajah anda. Terlebih lagi jika anda masih dalam masa pubertas. Resiko tumbuhnya jerawat akan semakin besar. Oleh sebab itu anda bisa mensiasati dengan cara mengkonsumsi beberapa minuman yang mengandung vitamin C yakni kandungan dalam jus buah. Sebaiknya konsumsilah secara teratur agar tubuh anda lebih sehat dan juga untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah anda.

4. Apel
Buah apel sangat baik untuk kecantikan dan juga kesehatan. Caranya yaitu haluskan buah apel, kemudian oleskan poada wajah anda sebagai masker wajah. hal ini berfungsi membantu proses perbaikan kulit pada wajah sekaligus bisa mengangkat sel-sel kulit mati di wajah anda. Anda bisa mencampurkan sedikit madu pada parutan apel tersebut.

Cara mencegah timbulnya jerawat secara alami bisa anda coba bertahap atau bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan jenis kulit anda. Karena jenis kulit yang berbeda, akan berbeda pula penangananya. Oleh sebab itu pilihlah cara yang tepat untuk mencegah jerawat tersebut.

Cara Mecegah Timbulnya Jerawat pada Remaja Laki- laki

Pada dasarnya ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah timbulnya jerawat pada usia remaja laki- laki. Caranya bisa menggunakan bahan-bahan alami atau dengan cara melakukan tindakan-tindakan tertentu. Tindkan tersebut tentunya yang bisa menghindarkan kulit anda dari jerawat.
Anda juga dapat menggunakan berbagai macam pembersih dan juga sabun anti jerawat yang sudah banyak ditemukan di toko terdekat sekitar anda. Namun penggunaan produk- produk semacam ini, sebaiknya hindarilah pemakaian produk yang mengandung beads, karena itu bisa menimbulkan iritasi pada kulit anda.
Ada beberapa cara mecegah timbulnya jerawat yang ada pada wajah remaja laki- laki ini yang dapat anda lakukan. Berikut cara-caranya:

1. Rajin bersihkan wajah
Seperti yang kita ketahui bahwa kunci utama untuk mengatasi jerawat sekaligus sebagai cara mencegah timbulnya jerawat dan komedo supaya jerawat tersebut tidak sering datang pada wajah anda adalah dengan menjaga kebersihan pada bagian wajah anda. Oleh sebab itu, sebaiknya rajin-rajinlah untuk membasuh atau membersihkan wajah anda.

Jerawat bisa timbul karena disebabkan oleh adanya minyak yang berlebihan pada kulit wajah. Membersihkan wajah akan bisa membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk dibagian wajah sehingga jerawat tersebut bisa hilang. Ketika membersihkan wajah, anda bisa menggunakan pembersih- pembersih anti jerawat atau sabun yang cocok untuk jenis kulit wajah anda.

Jika anda sudah menemukan sabun pembersih yang cocok untuk wajah anda, sebaiknya jangan mengganti-ngganti sabun anda dengn berbagai emrk lain agar tidak menimbulkan alergi pada kulit anda. Jika anda tidak ingin menggunakan sabun atau pembersih wajah, anda juga bisa hanya dengan membasuh wajah anda menggunakan air bersih saja.

2. Pola tidur
Yang paling utama tak hanya kebersihan wajah saja yang diperhatikan, namun timbulnya jerawat ini juga dipengaruhi oleh pola tidur anda sehari-hari, khususnya bagi anda yang berjenis kelamin laki- laki atau remaja laki-laki. Hindari begadang atau tidur terlalu larut malam. Karena waktu yang terbaik untuk perawatan kulit adalah pukul 10 malam hingga pukul 5 pagi. Perlu diketahui bahwa pada waktu- waktu tersebut sekitar pukul 10 malam hingga pukul 5 pagi, sel kulit sangat aktif untuk mengganti sel-sel kulit yang telah mati serta akan melakukan rangsangan untuk pembentukan sel-sel kulit yang baru. Baca’juga artikel kecantikan Jerawat: Cara Cepat Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dalam Seminggu Sudah Hilang.

3. Menggunakan es batu
Tahukah Anda ternyata es batu bisa membantu mengatasi jerawat pada wajah anda? Caranya yaitu anda dapata mengoleskan es batu pada wajah anda yang berjerawat setiap hari. anda juga bisa mengombinasikan es batu dengan bahan-bahan alami lainya untuk mengatasi jerawat pada remaja laki-laki.

4. Menggunakan lidah buaya
Ligah buaya juga bisa mengatasi maslaha pada wajah yakni jerawat. Anda juga bisa mnecegah timbulnya jerawat menggunakan lidah buaya. Lidah buaya memiliki banyak khasiat dan juga manfaat. Salah satu khasiat lidah buaya adalah bisa mengatasi jerawat. Lidah buaya menimbulkan efek yang dingin pada kulit dan juga bisa mengurangi rasa sakit. Selain bisa mengatasi jerawat, lidah buaya juga bisa menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Cara mencegah timbulnya jerawat batu selanjutnya anda bisa menggunakan lidah buaya. Perawatan kulit tersebut dengan cara mengoleskan lidah buaya yang sudah dipotong menjadi dua bagian dan sudah dikupas sebelumnya. Pilihlah lidah buaya yang masih berusia muda atau dengan cara mencari dengan ukuran yang sedang-sedang saja.

5. Mengoleskan Lemon
Selanjutnya adalah dengan menggunakan lemon. Buah lemon terdapat kandungan AHA yang sangat ampuh serta aman untuk kulit wajah anda. Caranya yaitu ambil perasan air lemon, setelah itu oleskan secara langsung pada bagian wajah anda. Perasan lemon bisa untuk mengobati sekaligus untuk mencegah timbulnya jerawat pada wajah anda.

Anda bisa melakukan cara mencegah timbulnya jerawat dan menghilangkan bekasnya tersebut dengan menggunakan perasan lemon. Lakukan minimal 2 X seminggu. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua jenis kulit cocok menggunakan perasan jeruk lemon ini. Jika anda mengalami iritasi kulit,sebaiknya hentikan pemakaian cara ini. Sebaiknya lakukanlah dengan cara yang lain seperti diatas atau anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Ternyata buah lemon ini juga bisa menyebabkan kulit menjadi kering sehingga jadi sebaiknya anda memerlukan untuk membasuh wajah anda hingga lembab pasca mengoleskan lemon pada wajah anda.

Demikianlah beberapa cara mencegah timbulnya jerawat usia anak remaja 16 tahunn dan saat menstruasi baik untuk remaja putri maupun remaja laki-laki dari kita www.obatjerawatan.com. Sebaiknya lakukanlah pencegahan terlebih dahulu sebelum timbulnya jerawat pada wajah anda. Jika anda berhasil melakukan pencegahan pada wajah anda dengan cara melakukan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas. Hal ini akan sangat membantu anda agar jerawat tersebut tidak akan kembali lagi menyerang wajah anda. Lakukanlah secara ruitn dan teratur agar hasil yang diinginkan akan bisa terwujud sesuai keinginan yakni memiliki wwajah yang cantik, bersih dan juga cerah. Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post

0 comments: