Loading...

Wednesday, January 11, 2017

Arti, Gejala, Penyebab Dan Akibat Timbulnya Jerawat Batu Di Dagu Dan Pipi Timbul

Jerawat batu - Jerawat memang terlihat sepele namun efeknya bisa sangat menyebalkan. Timbulnya jerawat juga sering kali membuat kita kurang percaya diri bahkan malu untuk tampil depan umum atau publik. Jerawat ialah keadaan pada kondisi pori-pori dalam wajah kita yang mengalami penyumbatan sehingga meradang hingga menyebabkan timbulnya kantung nanah. Kantung itulah yang biasa kita sebut dengan jerawat.

Arti, Gejala, Penyebab Dan Akibat Timbulnya Jerawat Batu Di Dagu Dan Pipi Timbul

Penyebab jerawat juga bisa oleh beberapa faktor diantaranya ialah terjadinya perubahan hormon yang dapat memicu timbulnya overload kelenjar minyak pada kulit. Perubahan hormon ini sendiri juga dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti saat tubuh anda menjelang haid atau menstruasi, stress berlebihan, saat sedang hamil, atau bisa juga karena menkonsumsi pil KB. Penyebab lain timbulnya jerawat juga bisa karena faktor keturunan atau gen kinetik, sel kulit mati yang menumpuk pada wajah, bakteri penyebab jerawat dan juga alergi kulit terhadap kosmetik.


Arti, Gejala, Penyebab Dan Akibat Timbulnya Jerawat Batu Di Dagu Dan Pipi Timbul

Tipe dan jenis jerawat ada 3 macam, yaitu:
  1. Komedo atau biasa disebut dengan blackhead,
  2. Jerawat biasa, dan
  3. Jerawat batu.

Dan dalam kesempatan kali ini yang akan kita ulas lebih dalam ialah mengenai jerawat batu.

Pengertiaan atau arti jerawat

Salah satu jenis jerawat yang paling susah dan bandel untuk dihilangkan dari wajah ialah jerawat batu. Jerawat batu atau cystic acne nama dalam bahasa ilimiahnya, mempunyai ciri khas bentuk jerawat yang lebih dominan besar atau sedang, disertai dengan tampaknya peradangan pada jerawat. Jerawat ini juga biasa terlihat berwarna merah dan sering terasa sakit jika disentuh sedikit saja. Penyebab dari jerawat batu sendiri dikarenakan tersumbatnya kelenjar minyak pada pori-pori yang terlalu banyak atau pertumbuhan sel kulit tidak normal karena sel kulit tidak bisa dengan cepat berganti kulit dari sel kulit mati ke kulit yang baru regenarasi.

Bekas yang ditinggalkan oleh jerawat akan berbentuk jaringan parut pada kulit atau lubang pori bahkan bisa menyebabkan gangguan emosional. Jerawat batu juga bisa muncul diberbagai area pada wajah, salah satu tempat krusial yang sering muncul ialah di dagu dan pipi. Jerawat batu yang parah dan gampang menyebar juga bisa muncul di dada, leher, bahu bahkan pada punggung.

Gejala jerawat batu

Ada baiknya anda juga mengetahui gejala atau ciri-ciri timbulnya jerawat batu agar anda bisa memberikan penanganan yang tepat dengan memperhatikan saat tumbuhnya jerawat pada wajah anda. Berikut beberapa gejala atau ciri-ciri timbulnya jerawat:
1. Ukurannya besar
Jika dilihat dari ukurannya jerawat batu umumnya jerawat yang mempunyai ukuran lebih besar dibanding dengan jerawat lainnya. Dan seringkali berwarna kemerahan dan muncul bergerombol pada titik area tertentu seperti di dagu dan pipi.
2. Sakit dan keras saat ditekan
Pada masalah jerawat batu jikanditekan maka jerawat akan terasa sakit dan sedikit terasa keras. Untuk salah satu cara menyakinkan itu jerawat batu atau bukan anda bisa menekannya sedikit keras, jika efek yang dihasilkan sesudah ditekan itu sakit dan permukaannya terasa keras sudah bisa dipastikan kalau itu merupakan jerawat batu.
3. Gampang menyebar
Salah satu ciri atau gejala dari jerawat batu ialah cepatnya jerawat ini menyebar pada area wajah yang lain. Terlebih jika keadaan wajah sedang dalam keadaan kotor, jerawat akan sangat mudah menyebar hanya dengan sentuhan tangan yang tidak sengaja menyentuh jerawat ikut menyentuh area wajah lain yang tidak terkena jerawat. Maka itu pastikan untuk selalu mencuci tangan atau menyentuh wajah dalam keadaan bersih, untuk mengurangi resiko penyebaran jerawat pada wajah.

Arti dan penyebab timbulnya jerawat batu di pipi dan dagu

1. Faktor genetik
Anda mempunyai jenis tipe wajah berminyak? Karena faktor utama penyebabnya jerawat batu ialah kulit berminyak. Wajah berminyak dan jerawat batu juga bisa disebabkan oleh faktor genetik. Jika anda mempunyai kerabat dekat wajahnya berminyak dan mempunyai jerawat batu, sudah bisa dipastikan anda juga akan mempunyai seperti itu. Kelenjar minyak pada wajah anda memproduksi minyak secara berlebih jika anda tidak sering-sering menjaga kebersihan wajah, tidak menutup kemungkinan jerawat batu akan timbul dengan senang hati pada wajah anda. Terutama pada area pipi dan dagu karena area ini sering terkena dampak dari pergantian hormon salah satu penyebab kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih pada wajah.

2. Faktor psikologis
faktor lain yang cukup mempengaruhi ialah kadar stress pada pikiran anda. Jika anda terlalu banyak menghadapi tekanan akibat stres dan berbagai persoalan, maka kondisi ini akan memicu timbulnya jerawat batu. Sebab saat anda mengalami stress otot-otot pada wajah juga akan menegang sehingga produksi kelenjar minyak pada wajah akan meningkat dan memicu tumbuhnya bakteri penyebab jerawat.

3. Faktor racun pada tubuh
Faktor lain munculnya jerawat batu di dagu dan pipi ialah menurunnya sistem imunitas pada tubuh, sehingga racun dalam tubuh tidak dapat di ekskresi atau dikeluarkan. Akibatnya racun akan mengendap dan menumpuk. Racun yang menumpuk di sekitar wajah, yakni di pipi dan dagu akan keluar dari tubuh dalam bentuk jerawat batu. Itu adalah salah satu cara tubuh untuk tetap mengeluarkan racun dari dalam selain dengan keringat, salah satunya ialah dengan jerawat.

4. Faktor iritasi
Faktor selanjutnya ialah akibat iritasi dari kebiasaan menekan jerawat. Atau bisa juga iritasi oleh bakteri dan kotoran yang menumpuk pada wajah dapat menginfeksi kulit terutama saat wajah dalam kondisi berminyak. Jerawat batu timbul akibat sel kulit mati yang tersumbat dan terjebak dilubang pori-pori, ditambah lagi dengan debu di wajah membuat jerawat batu seketika timbul. Dagu merupakan area wajah yang cukup sering terpapar kotoran akibat seharian aktifitas diluar ruangan.
Jika jerawat tampak merah dan meradang, usahakan agar tangan jangan sampai menyentuh jerawat. Karena jika sampai menyentuh, apalagi kebiasaan menekan atau memencet jerawat dapat menyebabkan iritasi dan pembengkakan sehingga jerawat batu yang timbul akan semakin parah dan bisa menyebar ke area sebelahnya. Dan usahakan juga untuk tidak sembarangan tangan anda menyentuh wajah guna mengurangi gejala timbulnya jerawat.

5. Faktor kosmetik
Kosmetik bagi kaum hawa merupakan kebutuhan wajib agar bisa terlihat lebih cantik depan umum. Tetapi penggunaan kosmetik ini juga patut diwaspadai karena kosmetik merupakan produk kecantikan yang terbuat dari bahan kimia dan menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat batu. Beberapa kosmetik juga dapat mengandung minyak dan masuk kedalam pori-pori kulit dan bahkan ada pula kosmetik yang terbuat dari bahan yang tidak baik untuk kulit wajah.
Jika wajah anda tergolong sensitif maka setelah pemakaian kosmetik, akan sangat mudah jerawat batu timbul dan tumbuh pada wajah. Untuk itu disarankan memakai kosmetik yang ramah bagi kulit wajah, agar timbulnya jerawat batu dapat dicegah secepat mungkin.

6. Konsumsi pil kb
Pil kb ialah salah satu obat penunda kehamilan yang biasa dikonsumsi oleh para wanita setelah menikah. Dengan menkonsumsi pil kb ternyata bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat. Ini dikarenakan dengan menkonsumsi pil kb, secara tidak langsung mempengaruhi perubahan sistem imunitas pada tubuh yang dapat mengakibatkan timbulnya jerawat pada wajah.

7. Asupan makanan
Jika anda tidak menemukan semua alasan penyebab jerawat diatas boleh jadi penyebab satu inilah yang membuat timbulnya jerawat pada wajah anda. Dilansir dari berbagai penelitian jika tidak ingin berjerawat, dianjurkan untuk mengurangi diet karbohidrat atau produk olahan susu. Produk ini berpotensi meningkatkan risiko timbulnya jerawat, termasuk pada area dagu dan pipi. Maka itu usahakanlah untuk menkonsumsi makanan yang lebih sehat dan mengurangi makanan karbohidrat serta olahan susu.

8. Faktor medis
Disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter ahli jika belum diketahui juga penyebab pasti timbulnya jerawat pada wajah anda. Karena bisa jadi jerawat batu ini menandakan anda sedang dalam kondisi lain yang lebih serius, seperti berikut ini:
  • - Ketidakseimbangan hormon pada tubuh
    Pada kasus ini biasanya dokter akan melakukan serangkaian tes darah untuk pemeriksaan lebih lanjut guna mengetahui adanya ketidaknormalan pada kadar hormon yang ada pada tubuh anda. Dan jika terbukti berdasarkan hasil tes darah yang sudah dilakukan jerawat anda bersifat hormonal, biasanya dokter hanya akan memberikan penanganan melalui obat yang mampu menyeimbangkan hormon dalam tubuh anda.
  • - Bertambahnya hormon yang menyebabkan sindrom ovarium polikistik
    Jerawat yang tumbuh banyak di area wajah, termasuk pada dagu dan pipi. Tidak menutup kemungkinan bahwa anda mengidap sindrom ovarium polikistik. Pada kasus ini jerawat yang timbul disebabkan oleh meningkatnya hormon testosteron. Sebagai langkah penanganan pertama, biasanya dokter spesialis kandungan akan memberikan obat atau penanganan lainnya agar dapat meredakan gejala yang ditimbulkan. Baca juga: Cara Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Kunyit, Kentang, Kayu Manis Dan Kulit Jeruk.

9. Akibat dari keseharian kita yang bisa menimbulkan jerawat
Selain penyebab ada pula akibat-akibat dari kebiasaan sehari-hari kita yang bisa menimbulkan jerawat batu timbul di area pipi dan dagu. Apa saja akibat dari kelalaian kita itu:

  • - Seringnya mengkonsumsi makanan yang berlebihan akan minyak
    Terkadang rasa lapar di perut membuat kita tidak berfikir panjang dengan apa yang kita makan untuk menghilangkan rasa lapar tersebut. Mulai dengan memakan makanan mengandung lemak, santan, minyak dan pedas yang boleh jadi merupakan makanan favorit kita. Tapi ketahuilah bagi anda yang mempunyai riwayat jerawat batu atau sedang berjerawat, sebaiknya dihindari terlebih dahulu untuk sementara waktu.
    Tapi jika tidak bisa menghindarinya usahakan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebih dan sesering mungkin. Sebab makanan yang mengandung lemak, santan, minyak dan pedas dapat memicu timbulnya jerawat batu pada wajah. Ganti menu makananan mu dengan menu sehat mulai sekarang agar tubuh dapat menyeimbangi produksi minyak berlebih dan perubahan hormon anda yang tinggi. Perbanyak mengkonsumsi sayur dan buah, untuk membantu meningkatkan daya tahan pada tubuh.
  • - Lupa olahraga
    Olahraga merupakan aktifitas suatu pergerakan badan guna melatih otot dan membakar lemak serta bermanfaat membantu kesehatan dengan mengeluarkan racun melalui keringat. Akibat dari kita lupa atau mengabaikan olahraga minimal seminggu sekali ini, racun yang mengendap dalam tubuh pastilah kesulitan untuk dikeluarkan, jika racun itu mengendap pada wajah maka akan menumpuk dan keluar sebagai jerawat. Ini adalah suatu proses alami daya tahan tubuh agar kesehatan tetap terjaga.
    Maka itu rajinlah berolahraga saat anda mempunyai waktu luang, olahraga dapat membantu sisa-sisa racun yang sulit dikeluarkan dan dibuang melalui keringat, dapat memudahkan wajah meregenarasi kulit atau mengganti sel kulit mati dengan yang baru, selain itu wajah juga terlihat lebih fresh dan tampak awet muda.
  • - Lupa memakai masker saat diluar ruangan
    Polusi merupakan alasan utama lain penyebab jerawat batu itu timbul pada wajah. Jika anda mempunyai aktifitas padat diluar ruangan dan mengharuskan anda menggunakan angkutan umum, pakailah masker untuk melindungi area dagu dan pipi pada wajah sensitif anda yang sangat gampang timbul jerawat ini. Selain dapat melindungi wajah dari terkenanya paparan polusi langsung, masker juga ikut melindungi saluran pernafasan anda untuk tidak menghirup bahayanya asap polusi bagi kesehatan.
    Terkenanya paparan asap polusi pada wajah dapat menumpuk bersama debu dan berkaloborasi cepat dengan minyak wajah (jika anda mempunyai riwayat wajah berminyak) untuk menyumbat pori-pori dan membuatnya menumpuk didalam. Akan sangat cepat kantung nanah itu timbul dan membesar atau mengeras yang biasa disebut jerawat batu pada wajah.
  • - Lupa membersihkan wajah
    Kebersihan pada masalah wajah adalah solusi pertama untuk mencegah timbulnya jerawat pada area dagu dan pipi. Waktu yang paling tepat untuk membersihkan wajah ialah sesudah bangun tidur dan sebelum tidur. Jika anda tertidur dan lupa untuk membersihkan wajah, debu yang menumpuk dan riasan make up anda akan menyumbat pori-pori di wajah sehingga bisa menyebabkan jerawat timbul. Usaha kan untuk selalu memberi kesempatan wajah bernafas tanpa tersumbatnya pori-pori saat anda tertidur dengan tidak lupa membersihkannya sebelum tidur.
    Jangan memakai sabun cuci muka yang mengandung alkohol, untuk hasil yang maksimal pakailah pembersih wajah dua langkah untuk step pertama kemudian baru dilanjutkan dengan mencuci muka menggunakan facial foam. Cara ini guna mensiasati untuk menghilangkan debu-debu yang bandel menempel dan susah untuk dibersihkan pada wajah dan mencegah timbulnya jerawat batu.
  • - Menjaga kebersihan bantal dan seprei
    Akibat dari kebiasaan lupa mengganti seprei dan sarung bantal ini ialah wajah yang telah kita bersihkan akan terkena debu kembali saat tidur, yang menempel pada sarung bantal dan kasur. Bagi kulit wajah yang sensitif kebiasaan ini dapat membuat timbulnya jerawat tanpa disadari. Karena debu yang tertempel pada sarung bantal dan kasur akan terkena kontak langsung pada wajah saat kita tidur.
    Lagipula, debu yang tertinggal pada sarung juga tidak baik bagi kesehatan karena debu bisa masuk dan mengganggu saluran pernafasan sehingga mengakibatkan batuk serta flu keesokan harinya. Usahakanlah mengganti sarung bantal dan kasur seminggu sekali atau jika anda mempunyai kulit yang sensitif minimal anda bisa menggantinya 3 hari sekali. Lalu membersihkan debu disekitar ruang tempat tidur juga perlu untuk selalu menjaga wajah terhindar dari debu saat berada di ruangan.

Untuk mengobati jerawat batu anda bisa mencoba alternatif alami terlebih dahulu guna menghindari efek samping yang ditimbulkan. Jika dirasa solusi itu belum mengatasi masalah jerawat pada wajah, anda bisa segera temui dokter untuk berkonsultasi langsung untuk menemukan solusi yang tepat. Karena jika terlalu lama dibiarkan dan tidak diobati, jerawat batu bisa menyebar ke area lain dan semakin parah serta sulit untuk diobatinya. Sekian dari kami www.obatjerawatan.com tentang arti jerawat yakti pengertian dan cara mengetahui penyebabnya , semoga manfaat.
Previous Post
Next Post

0 comments: