Loading...

Monday, January 23, 2017

Kumpulan Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Harus Dihindari Saat Berjerawat

Walaupun kadang berukuran kecil, jerawat kerap membuat siapapun yang mengalaminya merasa sebal, apalagi jerawat muncul disaat momen yang tidak diinginkan dan di tempat yang tidak bisa ditutupi. Misalnya saja, ketika anda dituntut untuk berpenampilan menarik dan cantik yang dapat mempengaruhi karir anda nantinya, nah ketika jerawat malah muncul sudah pasti anda merasa kurang percaya diri. Bukan cuma itu, jerawat juga menimbulkan rasa sakit ketika sudah meradang.

Kumpulan Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Harus Dihindari Saat Berjerawat

Ya, nyaris semua kalangan pernah mengalami jerawatan seperti orang dewasa, remaja, wanita dan laki-laki. Selain jerawat, masalah pada kulit wajah adalah komedo. Penyebabnya pun tergolong banak seperti stress, hormone, kurang menjaga kebersihan wajah dan bahkan juga bisa karena makanan yang sembarangan. Memang, makanan adalah sumber energi untuk tubuh, tetapi kalau makanan asal bikin kenyang tanpa peduli dengan kandungan nutrisi dan giziny, maka bisa saja makanan yang biasa anda makan tergolong sebagai Makanan Penyebab Jerawat serta komedo.

Nah, kira-kira apa saja Makanan Penyebab Jerawat dan komedo yang harus anda waspadai agar kulit bebas dari kedua masalah tersebut.

Kumpulan Makanan Penyebab Jerawat Dan Komedo Harus Dihindari Saat Berjerawat

Daftar Menu Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berjerawat

Berikut kumpulan makanan yang harus dihindari:

1. Makanan yang diolah dengan digoreng atau yang banyak lemak

Salah satu makanan yang sering memicu jerawat dan komedo adalah makanan yang berlemak. Lemak yang terlalu banyak dalam tubuh sangat mengganggu nutrisi. Sebab, lemak hanya akan menghambat proses transportasi osigen dan juga nutrisi menuju sel. Jika ini terjadi, maka metabolisme jadi ikut bermasalah. Akibatnya, gula dalam darah menjadi lebih mudah naik dan turun secara drastis. Ketika gula tersebut naik, maka jerawat pun muncul.
Tidak bisa dipungkiri, bahwa dalam kehidupan sehari-hari minyak menjadi salah satu bahan yang harus ada di dapur. Jenis minyak yang terus dikonsumsi sudah pasti mempengaruhi kesehatan kulit. Jika lemak minyak terus dikonsumsi secara teratur, tubuh pun menjadi tidak sehat. Dalam kondisi demikian, tubuh harus bekerja ekstra untuk membentuk sel kulit baru, sebab sel-sel sebelumnya tidak berjalan secara optimal. Itulah penyebab mengapa jerawat, komedo dan juga penyakit kulit lainnya menjadi bermunculan. Bahkan, makanan berjenis gorengan dengan banyak minyak dapat membuat jerawat malah meradang.

Makanan yang diolah dengan digoreng atau berlemak banyak adalah seperti kentang goreng, ayam goreng, donat, makanan cepat saji, mozzarella sticks dan masih banyak lagi.

2. Susu dan olahan susu

Makanan Penyebab Jerawat berikutnya adalah susu atau apapun produk yang merupakan olahan susu. Sebab, susu memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi sehingga sangat berdampak dalam menimbulkan jerawat atau juga komedo seperti makanan berlemak lainnya.
Contoh produk olahan susu adalah es krim atau keju yang sebaiknya harus dihindari kalau kamu memiliki masalah jerawat.
Beberapa jenis produk susu yang ada adalah hasil dari sapi perah betina yang sedang hamil. Jadi, susu yang dihasilkan sudah tercampur dengan hormone tertentu. Sehingga, ketika masuk dalam tubuh manusia, hormone tersebut akan berubah menjadi hormone dihydrotestosterone atau DHT, hormone yang dapat memicu jerawat.

3. Kafein

Kemudian, kandungan kafein dalam minuman tertentu seperti the, kopi, minuman soda dan bahkan dalam beberapa obat penghilang rasa nyeri dapat sekali menimbulkan jerawat. Sehingga, kalau sedang punya jerawat dan mengkonsumsi apapun yang mengandung kafein dapat membuat jerawat menjadi semakin parah. Hal ini disebabkan karena kafein berfungsi merangsang kelenjar adrenalin. Saat itu terjadi, maka kadar stress menjadi meningkat dan tentu akan membuat jerawat bisa muncul.
Kafein juga memberikan efek samping untuk kesehatan seperti gangguan tidur, memicu jerawat, gampang membuat stress, kurang tidur dan lainnya sehingga kalau sedang berjerawat, malah akan membuat kondisi fisik tidak bisa cepat pulih dan membuat proses pembuangan racun dalam tubuh mengalami perlambatan.

4. Makanan kemasan

Sudah banyak yang tahu bahwa Makanan Penyebab Jerawat salah satunya adalah makanan kemasan atau makanan yang sudah jadi dan dikemas. Makanan yang siap saji ini banyak ditemukan di Indonesia seperti sosis, nugget, sarden kalengan, baso awetan dan makanan olahan lainnya yang dikemas dengan kandungan bahan tambahan serta bahan pengawet. Tubuh lebih mudah mencerna makanan yang alami, sehingga ketika diberi tambahan bahan pengawet dalam makanan tertentu, sudah pasti akan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghancurkannya. Selain itu, makanan tersebut juga membuat peradangan jerawat hanya semakin parah apalagi jika jerawat tersebut sudah mengalami infeksi.
Banyak peneliti menganjurkan bahwa sebaiknya ketika sedang memiliki jerawat, hindari menikmati makanan dalam kemasan termasuk makanan kaleng. Dalam makanan tersebut, kandungan gula, garam dan zat pengawet sangat tinggi sehingga insulin dalam tubuh menjadi melonjak dan pertumbuhan bakteri menjadi lebih meningkat yang kemudian akan memicu masalah jerawat.

5. Makanan dengan kadar gula tinggi

Daftar Makanan Penyebab Jerawat meradang yang selanjutnya adalah makanan apapun yang mengandung kadar gula cukup tinggi. Sehingga, dapat memicu adanya jerawat. Nah, kalau tidak ingin ada jerawat atau komedo, batasi mengkonsumsi makanan seperti sereal, biscuit, cokelat, es krim, soda, permen dan lainnya yang manis-manis. Sebab, jika asupan yang manis-manis tersebut sampai dicerna oleh tubuh, maka dapat mempengaruhi hormone tubuh dan membuat fungsi kelenjar minyak pada permukaan kulit sedikit terganggu. Berbeda jika asupan gula yang didapat adalah dari yang alami seperti buah-buahan. Buah-buahan memang banyak yang manis, tapi selagi dimakan secara langsung, kandungan gula didalamnya adalah gula kompleks yaitu seperti serat dan karbohidrat sehingga tidak berdampak dalam meningkatkan kadar gula darah.
Kandungan gula akan menimbulkan jerawat ketika sudah masuk dalam proses pengolahan menjadi lebih sederhana. Misalnya saja, gula pasir yang yang sudah dicampur untuk dibuat permen atau kue.
Gula secara tidak langsung dan bahkan langsung juga bisa menjadi racun bagi tubuh serta menyebabkan masalah jerawat. Ketika gula terlalu banyak ada dalam tubuh, maka sudah pasti akan menekan sistem kekebalan tubuh, menurunkan pertahanan tubuh dalam menghadapi infeksi dan kemudian bisa menimbulkan jerawat.
Selain itu, gula juga dapat membuat penyerapan kalsium dan magnesium jadi terhambat. Padahal, dua komponen tersebut adalah mineral yang dibutuhkan untuk kulit. Gula juga dapat membuat jaringan dan fungsi mengalami penurunan elastisitas.
Terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula sangat beresiko menyebabkan masalah jerawat batu.

6. Makanan dengan karbohidrat tinggi

Selain gula, Makanan Penyebab Jerawat pasir berikutnya adalah yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Karbohidrat sangat penting untuk tubuh seperti glukosa dan gula sederhana atau monosakarida yang akan dimetabolisme oleh organisme. Karbohidrat akan diubah menjadi glukosa dan diolah lagi menjadi glikogen yang disimpan dalam tubuh.
Walaupun glukosa sangat penting dan dibutuhkan, tetapi bukan berarti tubuh membutuhkannya dalam jumlah banyak. Ya, ada batasan agar semua berjalan optimal. Nah, ketika mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dan terus-terusan, sudah bisa dipastikan dapat menimbulkan masalah kesehatan mulai dari jerawat bahkan sampai diabetes.
Apa saja makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan tidak boleh dikonsumsi terus-terusan? Roti putih, pasta dan beras putih adalah beberapa contoh makanan tersebut. Baca juga perawatan wajah lainnya: Cream Penghilang Bekas Jerawat dan Pemutih Wajah Yang Di Jual Di Apotik Dan Harganya.

7. Fast food

Fast food juga dikenal sebagai junk food, alias makanan sampah. Makanan cepat saji ini sama sekali tidak mengandung nilai gizi, sehingga disebut sebagai makanan sampah. Selain itu, ada kemungkinan besar bahwa fast food diolah dari karbohidrat yang memiliki tingkat glikemik tinggi, produk olahan susu serta gula yang sudah anda ketahui sangat beresiko memicu jerawat.
Bahkan, fast food dibuat dengan proses pengolahan karbohidrat berkali-kali yang bisa membuat jerawat yang sudah muncul malah akan semakin parah. Untuk itu, tidak ada salahnya mengantre demi mendapatkan makanan fast food, makanan ala Indonesia banyak sekali yang bergizi jika tidak ingin membuat jerawat makin meradang dan terus muncul.

8. Daging serta telur ayam broiler

Telur ayam broiler dan dagingnya adalah Makanan Penyebab Jerawat batu atau juga komedo apalagi jika rutin dikonsumsi secara terus-menerus. Sebab, telur non-organik ini sama seperti susu. Unggas yang diternakkan disuntik hormone. Nah, ketika terjadi ketidakseimbangan hormone dalam tubuh manusia akibat terlalu berlebihan mengkonsumsi daging dan telur ayam broiler, maka bisa membuat jerawat muncul.
Kemudian, ayam yang diternakkan juga diberi antibiotik. Hal ini dapat menimbulkan masalah kesehatan lain. Karena, antibiotik tersebut akan menganggu keseimbangan bakteri yang ada dalam usus. Dalam jurnal Gut Pathogen yang sudah dipublikasikan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa bakteri usus tersebut adalah bakteri yang punya kaitan erat dalam masalah jerawat.

9. Alkohol

Daftar berikutnya yang memicu jerawat dan komedo adalah alkohol. Alkohol dilarang karena sering disalahgunakan, berdampak buruk bagi kesehatan, mengurangi kesadaran seseorang dan membuat tubuh cepat sekali mengalami dehidrasi. Sehingga, seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi alkohol, dapat dipastikan jika akan mengalami masalah-masalah tersebut atau kulit jadi kering. Dalam kondisi demikian, tidak heran jika jerawat menjadi lebih mudah muncul.

10. Makanan yang pedas

Untuk anda yang suka makanan pedas, sebaiknya hindari makanan tersebut terutama jika sedang berjerawat atau jika ingin bebas jerawat. Makanan Penyebab Jerawat dan komedo ini membuat sistem pencernaan mengalami kerusakan dan masalah lainnya, walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa tidak enak rasanya kalau tidak mengkonsumsi makanan yang pedas.
Ketika terjadi kerusakan pada sistem pencernaan, maka bisa dipastikan akan memicu munculnya sensasi peradangan. Saat itulah, jerawat akan lebih mudah muncul. Apalagi, makanan yang pedas sangat berkontribusi dalam meningkatkan sirkulasi darah terutama di area wajah. Itulah mengapa seseorang yang kepedasan selalu memerah wajahnya.

11. Minuman bersoda

Suka minuman bersoda? Jangan kaget ya kalau minuman yang satu ini juga masuk dalam daftar penyebab jerawat. Pasalnya, soda dapat memicu inflamasi pada tubuh sebab kandungan aspartame didalamnya yang sangat cepat memicu jerawat. Bukan hanya itu, soda juga bisa bekerja untuk menurunkan pH sehingga ketidakseimbangan yang muncul juga bisa membuat seseorang malah jerawatan.

12. Garam/ makanan yang asin-asin

Jangan suka mengkonsumsi makanan asin yang mengandung garam berlebih, sebab termasuk dalam kategori Makanan Penyebab Jerawat dan komedo. Garam hanya akan membuat tubuh menahan banyak air sehingga kulit menjadi meradang. Akibatnya, warna kulit tidak sama serta memicu munculnya bercak-bercak pada kulit
Makanan yang menimbulkan jerawat dan komedo lainnya adalah berbagai macam kerang, mie instan, olahan buah kelapa dan juga kacang-kacangan. Kalau anda kesulitan untuk meninggalkan kebiasaan mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, mulailah dengan mengurangi porsinya. Sekian dari kami www.obatjerawatan.com Semoga membantu!
Previous Post
Next Post

0 comments: