Loading...

Tuesday, January 10, 2017

Tips Dan Solusi Mengatasi Jerawat Meradang Dan Bekas Jerawat Karena Hormon

Mengatasi Jerawat- Kulit yang mengalami jerawat bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri serta bisa mengganggu penampilan karena dapat menimbulkan bekas jerawat. Kadang ada sebagian orang yang menggunakan bahan-bahan tertentu supaya jerawat tersebut bisa hilang atau disamarkan.

Salah satu faktor yang bisa mengakibatkan timbulnya jerawat adalah hormon. Hormon biasanya disebut dengan nama hormon androgen. Karena jerawat tersebut disebabkan oleh hormon tertentu, biasanya jerawat yang diakibatkan oleh hormonalini memang sering dialami oleh para remaja baik itu perempuan maupun laki-laki. Terutama para perempuan yang mengalami menstruasi. Seperti yang diketahui bahwa jerawat hormonal juga dapat tumbuh di area tentu seperti di wajah, punggung, leher, dada dan tempat lainnya.

Tips Mengatasi Jerawat karena Hormonal

Lalu, bagaimanakah solusi untuk mengatasi jerawat secara alami yang diakibatkan hormonal ini? Tentunya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah timbulnya jerawat karena faktor hormonal ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Menghindari makanan olahan
Solusi yang pertama untuk mengatasi jerawat yang meradang disebabkan hormonal adalah usahakan menghindari makanan olahan agar jerawat tersebut tidak tumbuh lagi secara subur.

Makanan olahan sering disebut dengan Junk food. Seperti yang kita ketahui bahwa junk food dikenal sebagai makanan yang tidak sehat karena mengandung jumlah lemak yang besar, kalori tinggi, mengandung zat aditif, banyak mengandung garam dan gula. Junk food juga tergolong mananan yang rendah vitamin, rendah serat, rendah akan nutrisi, dan juga rendah mineral.

Penelitian membuktikan bahwa junk food bisa memicu tumbuhnya jerawat pada wajah dan juga berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda. Ternyata ada kolerasi antara junk food dengan jerawat.

Jerawat akan berhubungan erat dengan fluktuasi kadar gula darah, dimana tubuh tersebut memberikan tanggapan atas naik turunnya kadar gula darah dengan melepaskan hormon-hormon tertentu seperti androgen dan insulin. Seperti contoh: ketika anda sedang mengkonsumsi minuman bersoda dan juga mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gula serta sodium, hal inilah yang akan meningkatkan beberapa produksi insulin pada tubuh anda sehingga metabolisme pada tubuh-pun akan meningkat.

Oleh sebab itu, ketika setelah mengkonsumsi makanan tersebut, terkadang keesokan harinya kan muncul jerawat pada wajah. Jadi Tips mengatasi jerawat batu yang terbaik adalah dengan cara menghindari makanan junk food. Lebih baik memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

2. Selalu jaga kebersihan
Cara mengatasi jerawat pasir maupun batu selanjutnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan badan. Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan merupakan salah satu aspek yang sangat penting untuk mengatasi jerawat hormonal. Oleh sebab itu ana harus bisa memastikan untuk tetap menggunakan baju, handuk, sprei, an selimut yang selalu alam kondisi bersih. Meskipun keliatan muah, namun banyak orang yang menyelepekan hal ini bahkan tak menghiraukannya.

Contohnya jika dalam penggunaan handuk kotor, tentunya akan bisa emmbuat kulit anda tercemar dan bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Selain itu, jika anda ingin menyentuh wajah ana, sebaiknya cuci tangan terlebih dahulu agar kebersihan tetap terjaga.

3. Mengkonsumsi teh hijau
Percaya gak percaya, ternyata teh hijau memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Kandungan dalam teh hijau terdapat banyak gizi yang dapat membuat kulit anda lebih sehat.jerawat yang meradang pada kulit anda dapat dibantu dengan mengkonsumsi teh hijau. Anda dapat minum teh hijau secukupnya saja untuk mendektosifikasi tubuh anda supaya tubuh anda bisa lebih sehat.

4. Probiotik
Probiotik yakni sebuah bakteri yang baik yang berada didalam usus yang berfungsi untuk penyerapan nutrisi dan juga akan membuat bakteri yang ada dalam tubuh tersebut menjadi seimbang. Probiotik berkhasiat untuk mengatur bakteri dan juga bisa mengurangi dari kadar sebum sehingga jerawat dapat diatasi. Probiotik juga bisa anda temukan dengan mudah pada yoghurt yang sehat . anda bisa mendapatkan youghurt di supermarket terdekat.

5. Konsultasi kepada dokter
Jika berbagai cara belum menghasilkan perubahan yang maksimal pada jerawat hormonal yang anda alami sebaiknya anda segera berkonsultasi kepada dokter yang ahli untuk menanyakan tentang penyembuhannya agar masalah jerawat hormonal tersebut bisa diatasi dengan baik dan secara optimal.

Tentunya anda akan merasa gelisah dan khawatir dengan kondisi jerawat yang meradang dan juga bernanah, jika anda sudah melakukan banyak cara serta upaya tetapi tidak pernah mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan anda. Tidak perlu khawatir, kali in kami akan membahas tentang masalah tersebut.
Jerawat yang sudah meradang dan juga bernanah memang sangat sulit sekali untuk diatasi bahkan disembuhkan , sehingga jika jerawat tersebut tidak ditangani dengan baik dan benar, hal in akan bisa mengakibatkan kondisi jerawat yang semakin parah. Jenis penyakit kulit seperit ini diakibatkan oleh meningkatnya hormon testosteron di dalam tubuh anda, sehinggahal ini akan dapat menyebabkan produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Hal seperti inilah yang mengakibatkan munculnya jerawat.

Jerawat bukan hanya menyerang para remaja saja, namun wanita hamil pun bisa terkena jerawat serta wanita dengan penggunaan obat-obatan seperti pil KB. Karena obat-obatan tersebut mengandung lithium, androgen dan kortikosteroid.

Peradangan jerawat bisa disebabkan oleh cara penanganan yang kurang tepat seperti contoh seringnya memencet jerawat dengan tangan, sehingga hal itu akan mengakibatkan terjadinya infeksi pada kulit wajah anda.

Tips Dan Solusi Mengatasi Jerawat Meradang Dan Bekas Jerawat Karena Hormon

Cara Mengatasi Jerawat Meradang

Lalu, bagaimanakah cara mengatasi jerawat meradang? Berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi jerawat yang meradang, diantaranya yaitu:

1. Jus jahe
Jika anda mengonsumsi jus jahe secara rutin tiap harinya, hal ini bisa bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat di punggung meradang dan bernanah dari dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa jahe memiliki kandungan anti-inflamasi dan juga anti-bakteri yang sangat tinggi.

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki banyak khasiat yakni bisa memerangi bakteri pada kulit wajah anda, ternyata bawang putih terdapat kandungan anti bakteri dan juga anti septik yang tinggi didalamnya.
Caranya yakni : Langkah awal tumbuk secara halus bawang putih secukupnya, kemudian oleskan bawang putih yang halus tersebut keseluruh kulit bagian wajah sampai merata. Jangan lupa untuk membersihkan wajah anda terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Setelah itu diamkan selama kurang lebih 30 menit , setelah didiamkan bersihkan dengan menggunakan air dingin.

3. Daun sirih
Daun sirih juga berkhasiat dapat membunuh membunuh bakteri pada kulit wajah. Caranya yakni : siapkanlah 10 lembar daun sirih yang masih segar, kemudian robek-robek kasar. Lalu rebus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan juga berubah warna. Tambahkan seuprit garam, lalu angkat dan diamkan. Tunggu hingga hangat, kemudian kompreskan pada kulit wajah anda dengan bantuan handuk kecil. Lakukan secara terus menerus hingga air tersebut dinginn. Lakukanlah secara teratur sebelum tidur hingga jerawat tersebut kempes.

4. Air lemon
Buah lemon juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi seperti halnya buah jeruk, buah lemon itu sendiri dapat berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membunuh bakteri serta mengangkat sel kulit mati. Caranya yakni : Ambilah 1 buah lemon segar an fresh, kemudian belah dan ambil airnya. Kemudian, bersihkan kulit wajah anda dengan menggunakan air hangat dan jangan lupa keringkan dengan handuk hangat. Lalu, Oleskan air perasan lemon tersebut hingga merata dan diamkan sampai pagi ya, setelah bangun, bersihkan dengan menggunakan air dingin .Lakukan cara ini secara rutin setiap malam hingga jerawat tersebut sembuh.

Biasanya jerawat akan muncul jika anda jarang membersihkan bagian wajah anda. Namun jika anda sudah rutin membersihkan wajah dan masih timbul jerawat, biasanya hal itu disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok dengan jenis kulit anda. Seperti yang kita ketahui bahwa kulit pada bagian wajah, kondisinya lebih sensitif jika dibandingkan dengan bagian lain.

Jerawat juga bisa disebabkan karena hormon, ketidakseimbangan kadar hormon yang ada dalm tubuh anda akan menyebabkan sekresi yang berlebih pada kelenjar minyak pada kulit bagian wajah sehingga akan terjadi penyumbatan pori-pori wajah dan ujung-ujungnya akan tumbuh jerawat.

Jerawat yang disebabkan karena faktor hormonal sudah banyak ditemukan pada usia remaja yang sedang memasuki masa-masa pubertas, seperti yang kita ketahui bahwa pada masa inilah ketidakseimbangan hormon akan bisa terjadi, seperti halnya hormon libido ataupun hormon androgen yang akan dapat meningkat dengan tajam seiring dengan pertambahan usia yang dialami orang tersebut.

Sebenarnya jerawat karena hormon tidak selalu timbul pada masa pubertas saja, karena ada wanita yang sudah dewasa juga pernah mengalami hal yang sama, terutama ketika seorang wanita sedang haid atau hamil. Pada saat itulah meningkatnya hormon estrogen.

Mengatasi jerawat saat hamil karena perubahan hormonal terutama akibat siklus bulanan, mungkin tidak diperlukan perlakuan yang khususuntuk menanganinya, karena jerawat tersebut akan sembuh dengan sendirinya ketika hormon dalam tubuh sedang berangsur stabil. Tetapi ada juga pada sebagian wanita yang memerlukan penanganan khusus untuk mengatasinya, karena jerawat yang timbul karena hormon ini, biasanya ukurannya lebih besar serta meradang,jerawat tersebut memiliki rasa yang gatal dan juga tidak nyaman, atau bahkan nyeri dan akan menyebabkan sakit kepala berhari-hari.

Pada dasarnya untuk pengobatan jerawat karena hormon tidak hanya diobati dengan obat pengendali hormon saja tapi harus diimbangi dengan asupan makanan yang bernutrisi an juga bergizi. Karena makanan bernutrisi akan berpengaruh penting terhadap hormon.

Jika anda mengalami jerawat tentunya hal itu sangat mengganggu anda baik itu jerawatnya atupun bekas jerawatnya yang berupa flek hitam. Cara mengatasi jerawat beruntusan tentu ada prosesnya serta waktu agar medapatkan hasil yang maksimal.

Solusi atasi bekas jerawat lebih baik menggunakan bahan yang alami karena jika menggunakan bahan tersebut tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Tapi ada sebagian orang lebih memilih mengobati jerawat serta bekas jerawat dengan menggunakan bahan kimia agar bisa lebih cepat sembuhnya, Namun sebenarnya obat yang berbahan kimia belum tentu coco dengan kondisi kulit wajah masing-masing, alhasil jerawat serta bekas jerawat tersebut bukanya bisa hilang melainkan akan bertambah parah kondisinya karena alergi.

Oleh sebab itu sebaiknya jika mengatasi jerawat dan bekasnya, gunakanlah bahan-bahan yang tiak menimbulkan efek samping berbahaya seperti contoh bahan-bahan yang alami yang ada diseitar anda. Selain tak ada efek samping yang berbahaya, bahan tersebut juga mudah untuk didapatkan dan juga murah harganya.
Untuk mengatasi serta mengobati bekas jerawat tentunya sangat diperlukan beberapa cara yang harus dilakukan secara terus menerus supaya hasil yang didapatkan bisa maksimal. Jika menggunakan bahan alami, tidak usah khawatir akan menimbulkan efek samping yang berbahaya pada wajah anda karena bahan alami bisa dikatakan hampir tidak ada efek samping yang berbahaya.

Seperti yang kita ketahui bahwa bekas jerawat bisanya akan meninggalkan node flek hitam pada wajah anda. Cara menghilangkan flek hitam pada wajah merupakan solusi permasalahan umum yang banyak dihadapi oleh seseorang yang menderita jerawat. Ada berbagai macam jenis jerawat yaitu flek hitam, bintik-bintik merah dan bopeng bekas jerawat. Jenis bekas jerawat, flek hitam dan bintik-bintik merah biasanya bisa hilang dengan sendirinya tanpa penanganan khusus meskipun agak lama hilangnya. Namun jika bopeng bekas jerawat memerlukan penaganan khusus untuk menghilangkannya.

Berbagai macam jenis bekas jerawat bisa muncul, biasanya diakibatkan oleh penanganan yang salah kaprah. Semisal anda sering memencet-mencet jerawat atau seringnya anda menekan-nekan jerawat yang muncul di wajah anda dengan kuku atau alat pencet jerawat.

Seharusnya jika jerawat tersebut dibiarkan saja tanpa disentuh serta ditangani secara benar dan optimal maka tidak akan meninggalkan bekas jerawat yang parah seperti bopeng yang jerawat pada kulit yang biasanya ditimbulkan oleh jerawat batu.

Namun jika bekas jerawatnya hanya berupa noda atau flek hitam yang membandel? Akan mudah dihilangkan tapi tetap saja anda akan merasa kurang nyaman. Sebagian mereka, khususnya wanita yang memiliki bekas jerawat akan diatasi dengan menggunakan bedak yang tebal untuk menyamarkan noda tersebut. Mengatasi jerawat dan juga bekas jerawat dengan menyamarkan menggunakan bedak tebal tidak akan bisa membuat sembuh karena hal itu tidak permanen. Baca juga: Cara Menyembuhkan Jerawat Batu Dan Pasir Dengan Cepat Dalam 5 Hari Secara Alami.

Cara Mengatasi Bekas Jerawat Dengan Flek Hitam

Berikut ini beberapa solusi mengatasi bekas jerawat yang menimbulkan flek hitam pada wajah:

1. Madu
Madu memiliki banyak khasiat terutama untuk kecantikan dan kesehatan. Madu ternyata juga bisa mengatasi jerawat dan juga bekas jerawat yang ada pada wajah. Cara menggunakan madu untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat adalah dengan cara oleskan madu murni secukupnya sebelum anda tidur secara merata. Kemudian cuci wajah anda setelah bangun tidur dengan menggunakan air yang bersih.

2. Minyak kelapa
Dalam kendungan minyak kelapa terdapat asam kaprat, kaplirat dan juga asam laurat. Kandungan tersebut dapat menyamarkan bekas jerawat yang membandel. Caranya yaitu anda cukup mengoleskan minyak kelapa tersebut di bagian wajah anda dengan cara memijat-mijat secara ringan kurang lebih 5 hingga 10 menit. Anda bisa melakukanya setiap hari untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

3. Minyak hip rose
Hip rose adalah salah satu buah dri beberapa jenis bunga mawar. Dalam minyak hip rose memiliki kandungan berupa antioksidan dan vitamin yang sangat baik untuk kulit agar bisa jadi halus dans sehat. Caranya yaitu oleskan minyak hip rose itu pada bagian wjah disertai dengan pijatan-pijatan halus secara merata. Lakukanlah secara rutin hingga flek hitam tersebut benar-benar hilang seketika.

4. Es batu
Es batu bisa mencegah peradangan yang semakin parahdan juga bisa mengurangi pembengkakan serta pengecilan pada pembuluh darah. Selain fungsi tersebut, es batu juga berfungsi untuk mengurangi bekas luka dan flek hitam akibat jerawat. Caranya yaitu bungkus es batu dengan menggunakan kain, lalu tempelkan pada wajah anda selama kurang lebih 15 hingga 20 menit.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun mengandung vitamin E yang lumayan banyak. Hal inilah yang bisa digunakan untuk menyembuhkan flek hitam pada wajah secara alami. Caranya yaitu oleskan minyak zaitun tersebut pada bagian wajah anda disertai dengan pijatan-pijatan halus secara lembut. Lakukan setiap pagi dan malam hari.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal silahkan pilih salah satu cara yang sudah tertera di atas untuk menghilangkan bekas jerawat. Lakukanlah secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Itulah tadi beberapa tips dan juga solusi mengatasi jerawat meradang dan bekas jerawat karena hormon baik di wajah maupun di dagun dan di paha. Sekian dari kami www.obatjerawatan.com dan Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post

0 comments: