Loading...

Friday, January 20, 2017

Bakteri Penyebab Jerawat Batu Bernanah Dan Meradang Dan Cara Mengatasinya

Penyebab jerawat batu tentunya bisa datang dari mana saja. Namun, pada artikel ini akan dibahas mengenai bakteri yang meyebabkan jerawat batu itu muncul pada kulit wajah Anda. Jerawat batu yang hadir tanpa Anda undang tentunya membuat rasa tidak nyaman turut muncul. Jika Anda diharuskan berpergian keluar rumah dan beraktifitas seperti biasa, rasa percaya diri Anda tiba-tiba hilang. Banyak cara Anda lakukan untuk menyembunyikan keberadaan jerawat batu. Namun, tetap saja terlihat oleh orang lain.

Jerawat batu merupakan salah satu jenis jerawat yang berukuran cukup besar, sehingga bagaimanapun caranya tidak dapat menyamarkan dari pandangan mata orang lain. Segala upaya sudah dilakukan untuk membasminya dan tidak mendatangkan hasil, namun justru keadaan jerawat batu semakin parah. Kondisi terparah dari jerawat batu yang berlama-lama singgah di area kulit wajah kita adalah jerawat batu menjadi bernanah dan meradang. Jerawat batu yang berwarna merah dan mengandung nanah tentunya semakin mengganggu penampilan Anda sehari-hari. Kebanyakan dari kita berfokus pada cara menghilangkannya tanpa mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Pada artikel ini, selain akan dibahas mengenai bakteri penyebab jerawat batu yang bernanah dan meradang, juga akan dibahas bagaimana cara mengatasinya.

Bakteri Penyebab Jerawat Batu Dan Cara Mengatasinya

Pustula adalah salah satu jenis jerawat batu – berbentuk seperti benjolan putih ataupun kuning yang muncul akibat dari penumpukkan bakteri yang berada dalam pori-pori kulit wajah. Hal tersebutlah yang mengakibatkan jerawat batu menjadi bernanah dan meradang. Permukaan kulit akan terasa panas dan membut Anda semakin tidak nyaman.

Jerawat batu disebabkan oleh bakteri Propionibacterium Acnes. Bakteri yang menjadi penyebab jerawat batu ini memiliki bentuk seperti batang tak beraturan. Bakteri Propionibacterium Acnes masuk ke dalam genus Corynebacteria. Bakteri yang menimbulkan jerawat batu ini melepas zat iritan yang akan membuat kulit teriritasi. Dampaknya adalah kulit memerah dan membengkak. Tidak hanya itu, banteri ini akan menciptakan nanah pada jerawat batu Anda. Semua efek tersebut merupakan reaksi dari imun tubuh untuk melawan bakteri dan menetralkan zat iritan.

Propionibacterium Acnes termasu ke dalam kingdom Bacteria dan kelas Actinobacteriadae. Sebagai informasi tambahan, bakteri yang menyebabkan jerawat batu ini digolongkan ke dalam genus Propionibacterium. Bakteri ini tumbuh di udara dan tidak menghasilkan endospora. Endospora adalah salah satu fase yang dilakukan oleh bakteri dalam upaya mempertahankan hidupnya dengan memproduksi zat yang tidak menguntungkan bagi tubuh Anda.

Bakteri Penyebab Jerawat Batu Bernanah Dan Meradang Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Umum Jerawat Batu Dan Ciri-Cirinya

Umumnya jerawat batu disebabkan oleh bakteri dan juga gaya hidup buruk dan makanan-makanan yang konsumsi serta kosmetik yang di pakai, untuk lebih jelasnya kunjungi : Gejala, Penyebab Dan Akibat Timbulnya Jerawat Batu Di Dagu Dan Pipi Timbul. Dalam artikel tersebut akan di paparkan lebih banyak lagi disini ki focus pada bakteri penyebab jerawat batu.


Cara Mengatasi Bakteri Penyebab Jerawat Batu Yang Meradang dan Bernanah

Setelah dijelaskan mengenai bakteri penyebab jerawat batu yang sudah bernanah dan meradang, adapun cara mengatasinya sebagai berikut:

1. Jangan mencoba untuk memencet atau mengorekknya
Karena dengan melakukan tindakan ini justru akan memperburuk kondisi jerawat batu Anda. Bukannya menjadi sembuh, malah membuatnya semakin berlama-lama singgah di wajah Anda. Dengan memencetnya, akan membuat jumlah jerawat semakin tidak dapat dikontrol. Ketika memencet, bisa jadi nanah yang keluar menempel di kulit wajah Anda. Nanah yang menempel tersebut akan menciptakan satu bintik jerawat batu baru.

2. Menggunakan masker wajah
Tujuan dari penggunaan masker wajah pada wajah Anda yang ditumbuhi jerwat batu adalah agar kadar minyak pada wajah dapat berkurang. Salah satu penyebab jerawat batu adalah produksi minyak pada kulit wajah yang berlebihan. Oleh karena itu, gunakan masker wajah 2 hingga 4 kali dalam seminggu.

3. Menggunakan pelembab wajah
Pelembab wajah bertugas menjaga kelembaban wajah agar tidak kering dan juga tidak berminyak. Gunakanlah pelembab wajah yang memiliki bahan dasar air dan nonkomedogenik. Mengapa? Karena penyumbatan pori-pori wajah Anda yang juga menjadi penyebab jerawat batu dapat diatasi dengan kandungan tersebut. Dua kandungan pelembab tersebut tidak akan mengakibatkan pori-pori tersumbat.

4. Hindari pemakaian obat jerawat yang mengandung bahan kimia
Walaupun tidak semua obat jerawat mengandung bahan kimia, akan lebih baik jika Anda mengurangi pemakaian obat jerawat. Karena kandungan kimia dalam obat jerawat adalah salah satu penyebab jerawat batu. Tidak semua bahan kimia itu baik dan dapat diterima oleh kulit wajah. Ketika tidak dapat diterima oleh kondisi kulit Anda, hal tersebut justru akan memicu hadirnya jerawat batu. Jika ingin tetap menggunakan obat jerawat, pilihlah yang berbahan herbal dan alami. Baca juga perawatan wajah lainnya: Tips Obat Alami Menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Dan Paling Berkesan.

5. Gunakan bahan-bahan alami
Pada poin 4, Anda dihimbau untuk menghindari pemakaian obat jerawat yang mengandung bahan kimia dan lebih baik memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti dibawah ini:

a. Bubur Pepaya
Kandungan vitamin dan mineral dalam buah pepaya sangat membantu menghentikan peradangan jerawat batu dan kandungan nanah yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, buah pepaya dapat menyejukkan kulit wajah Anda dan juga menjaga kebersihannya. Caranya cukup mudah dalam menerapkannya, yaitu:
  • Kupas buah pepaya yang masih segar
  • Haluskan buah pepaya sampai membentuk seperti bubur
  • Oleskan pada wajah Anda, khususnya bagian jerawat batu Anda
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  • Bilas dengan air hangat hingga bersih
Lakukan tahap-tahap di atas 2-3 kali dalam seminggu agar dapat menghentikan penyebab jerawat batu semakin menjadi.

b. Masker Mentimun, Yoghurt, dan Gandum
Ketiga bahan di atas dapat Anda kombinasikan untuk membentuk masker wajah yang berguna dalam menyembuhkan jerawat batu yang meradang dan bernanah. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:
  • Cuci bersih mentimun
  • Potong mentimun menjadi beberapa potongan
  • Blender mentimun hingga halus
  • Tambahkan 3 sendok teh yoghurt dan gandum ke dalam mentimun yang sudah dihaluskan
  • Campurkan hingga merata
  • Aplikasikan pada seluruh permukaan wajah Anda
  • Diamkan hingga masker kering
  • Bilas dengan air bersih tanpa menyisakan masker di wajah
Sama seperti bubur pepaya, terapkan cara ini 2-3 kali dalam seminggu.

c. Es Batu
Pastikan es batu yang kamu buat menggunakan air matang yang bersih. Peran es batu dalam membunuh penyebab jerawat batu bisa dibilang tidak terlalu besar. Namun, setidaknya dengan es batu dapat membantu Anda melancarkan peredaran darah yang terhambat karena kehadiran jerawat. Jerawat batu menyebabkan peredaran darah di area wajah tidak lancar. Oleskan es batu secara merata pada wajah dan jerawat batu Anda. Lakukan cara sederhana ini rutin 1 hinnga 2 kali dalam sehari selama 1 bulan.

d. Lidah Buaya
Anda pasti sudah tahu betul akan manfaat dari lidah buaya. Tak hanya mampu mengobati luka, lidah buaya pun mampu membantu Anda memberantas penyebab jerawat batu. Caranya juga tak kalah mudahnya, yaitu:
  • Sediakan lidah buaya secukupnya
  • Cuci bersih
  • Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian, 3-5 potongan
  • Iris bagian tepi kanan dan kiri dari lidah buaya (jangan terlalu tebal)
  • Buka kulit bagian atas perlahan untuk mengambil gel lidah buaya
  • Ambil gel lidah buaya dan pisahkan dari kulit bagian bawah
  • Tempelkan pada bagian wajah yang terdapat jerawat batu secara merata
  • Diamkan gel lidah buaya menempel di wajah Anda selama 30 menit
  • Bilas wajah Anda menggunakan air dingin hingga bersih
Dengan menggunakan lidah buaya ini, Anda terapkan sebanyak 1 kali dalam sehari selama satu bulan. Semoga mendatangkan hasil.

6. Jika terpaksa menggunakan obat-obatan, gunakanlah obat-obat yang direkomendasikan di bawah ini.

a. Benzoil Peroksida
Perannya dalam membunuh bakteri penyebab jerawat batu sudah banyak diketahui orang-orang. Benzoil Peroksida berbentuk salep oles. Salep ini berkhasiat dalam menurunkan produksi minyak yang menyebabkan jerawat batu muncul. Minyak yang berlebih akan menyumbat pori-pori kulit wajah. Penyumbatan pori-pori ini akan membentuk komedo – yang kemudian akan menjalar menjadi jerawat batu yang bernanah. Selain itu, Benzoil Peroksida bersifat antibiotik yang dapat membunuh bakteri Propionibacterium Acnes. Bakteri yang sudah kita ketahui sebagai penyebab munculnya jerawat batu. Cara menggunakannya cukup mudah, yaitu:

  • Cuci besih wajah Anda menggunakan sabun
  • Keringkan
  • Diamkan selama 15 menit sebelum mengoleskan salep
  • Oleskan Benzoil Peroksida pada bagian jerawat batu Anda
  • Lakukan setiap hari sebanyak 1 kali
Informasi penting untuk Anda, gunakan resep dan petunjuk dokter untuk memperoleh Benzoil Peroksida ini.

b. Retin-A
Retin-A berbentuk salep, sama seperti Benzoil Peroksida. Di dalam salep Retin-A mengandung Tretinoin, yaitu asam dari vitamin A yang biasa disebut dengan ATRA (All-Trans Retinoic Acid). Kandungan tersebut akan membantu Anda membersihkan pori-pori yang tersumbat – yang juga kita ketahui sebagai penyebab jerawat batu. Untuk tahap penerapannya sama dengan Benzoil Peroksida.

7. Jaga Pola Makan
Penyebab jerawat batu lainnya adalah dikarenakan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak, lemak dan protein, seperti: telur dan gorengan. Oleh karena itu, hindari makan makanan yang mengandung minyak, lemak, dan protein. Yang dimaksudkan dengan menghindari adalah dengan mengontrol jumlah makanan yang Anda konsumsi. Jangan sampai berlebihan, karena yang berlebihan sering kali membawa dampak yang tidak baik, bukan?

8. Lazer
Teknologi lazer dapat Anda tempuh dalam upaya menghilangkan banteri penyebab jerawat batu. Cara ini dikenal cepat dan ampuh dalam melenyapkan jerawat. Namun, langkah ini akan menumbulkan rasa panas pada lapisan bawah kulit. Tetapi tenang saja, tidak akan merusak permukaan kulit. Lakukan treatment dengan menggunakan teknologi lazer ini sebanyak 2 kali untuk hasil yang maksimal.

9. Bekam
Cara ini adalah cari terakhir yang bisa Anda lakukan karena semua cara di atas tak kunjung mendatangkan hasil. Namun justru membuat jerawat batu semakin meradang dan bernanah. Bekam adalah metode pengobatan dengan menerapkan cara penguapan pada kulit dan megeluarkan darah yang mengandung toksin atau racun. Bakteri yang menjadi penyebab jerawat batu itulah yang disebut dengan toksin. Dengan dikeluarkannya darah dan juga nanah melalui cara bekam ini, jerawat batu akan hilang, meski akan meninggalkan bekas. Bekas jerawat akan dapat dihilangkan, kok. Tenang saja, tidak perlu khawatir.

Penyebab jerawat batu memang banyak, namun yang paling berbahaya adalah bakteri yang sudah dibahas di atas. Untuk itu, mulailah untuk menerapkan hidup yang sehat yang juga ada pada penjelasan sebelumnya. Mulailah dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, karena dewasa ini gorengan dan makan makanan berlemak merupakan makanan yang sulit dihindari. Betul tidak? Tidak hanya itu. Mulai perhatikan juga kebersihan wajah Anda. Biasakan untuk selalu membersihkan wajah dari make up ataupun debu dari asap kendaraan di jalanan. Karena jika tidak segera dibersihkan akan menyebabkan timbunan flek hitam. Sekian saja dari kami www.obatjerawatan.com dan Selamat mempraktikkan!
Previous Post
Next Post

0 comments: