Tuesday, January 10, 2017

Apa Faktor Penyebab Jerawat Di Punggung Dan Di Muka Dan Dahi

Penyebab Jerawat - Mungkin banyak orang yang tahu bahwa jerawat hanya muncul di bagian wajah, namun ternyata jerawat juga bisa muncul dan tumbuh pada bagian tubuh lainya, misalnya: punggung dan dahi.

Sebenarnya jerawat punggung adalah suatu kondisi yang sudah lumrah dialami oleh sebagian orang. Meskipun termasuk penyakit yang tidak berbahaya, bukan berarti tidak mengganggu. Namun biasanya yang sering mengalami jerawat di punggung adalah para pria.
Adanya jerawat yang tumbuh di punggung, bisa menyebabkan ketidaknyamanan ketika anda sedang memakai baju, memakai tas ransel, ketika mengeringkan badan dengan handuk, bahkan ketika anda sedang duduk dan bersandar dikursi yang tidak empuk.
Ketika jerawat tersebut meradang, kondisinya bisa semakin parah karena jerawat tersebut bisa menyebabkan rasa sakit disertai nyeri ketika punggung anda tersentuh dengan benda lain bahkan pakaian yang anda gunakan. Jadi rasa tidak nyaman tersebut akan membuat anda tersiksa dengan rasa sakit yang anda alami.

Anehnya, ternyata jerawat punggung lebih banyak menyerang para pria dibandingkan wanita dan penyebab tersebut ada beraneka ragam. Tentunya, apapun penyebab jerawat tersebut, anda harus bisa menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya. Oleh sebab itu, sebelum melakukan pengobatan atau mengatasi jerawat yang anda alami, sebaiknya ketahuilah terlebih dahulu penyebab-penyebab yang dapat menimbulkan munculnya jerawat tersebut.

Apa Faktor Penyebab Jerawat Di Punggung Dan Di Muka Dan Dahi

Apa Faktor Penyebab Jerawat Di Punggung Dan Di Muka Dan Dahi

Seperti yang kita tahu bahwa timbulnya jerawat, tentu ada sebabnya. Dimanapun tempat timbul jerawat tersebut, di antaranya yakni di punggung, di muka ataupun di dahi. Anda harus lebih waspada. Maka dari itu di sini kami akan membahas tentang faktor penyebabnya, yang pertama kami akan mengupas faktor penyebab jerawat di punggung terlebih dahulu.

Faktor Penyebab Utama Jerawat di Punggung

Penyebab jerawat punggung yakni karena kerja bakteri di bagian dalam pori-pori kulit telah tersumbat kotoran dan minyak. Adanya jerawat di bagian permukaan punggung, biasanya lebih sering menyerang para pria karena para pria tidak sejeli para wanita ketika membersihkan badannya terutama bagian punggung.
Selain itu, para pria juga memiliki kelenjar minyak yang lebih aktif jika dibandingkan wanita. Pria juga bisa mengeluarkan keringat lebih banyak jika dibandingkan wanita, sehingga itulah yang menyebabkannya semakin mudah jerawat tersebut tumbuh di bagian punggung.

Umumnya, para pria lebih suka memakai tas punggung yang menempel rapat pada punggung ketika beraktifitas. Oleh sebab itu, hal inilah yang membuat keringat tersebut mengumpul di bagian punggung baju. Hal-hal tersebut dapat menimbulkan jerawat dalam waktu yang lama. Seperti yang kita ketahui bahwa, jika jerawat tersebut tumbuh di punggung, jerawat akan lebih sulit diatasi karena kulit bagian punggung, kondisinya lebih tebal daripada kulit pada bagian wajah.

Jerawat yang timbul di punggung tentu tidak akan terlihat oleh orang lain karena tertutup baju. Namun jika anda sedang melakukan aktifitas seperti berenang, jerawat di punggung tersebut pasti kelihatan. Sebenarnya dimanapun letak jerawat itu muncul, tentu akan membuat anda tidak percaya diri serta tidak nyaman ketika anda melakukan aktifitas.

Adapun beberapa faktor penyebab jerawat pada pria dan wanita itu muncul di bagian punggung adalah sebagai berikut:

1. Keluarnya keringat
Jika anda melakukan aktifitas, tentu saja akan mengeluarkan keringat. Terlebih lagi jika anda berolahraga atau melakukan kegiatan aktifitas di luar ruangan, hal tersebut akan membuat punggung anda menjadi lembab. Dengan kelembapan tersebut bisa memicu timbulnya jerawat. Apalgi jika anda kurang menjaga kebersihan tubuh anda.

2. Menggunakan Kondisioner
Seperti yang kita tahu bahwa, kondisioner memang digunakan untuk rambut setelah keramas. Namun tahukah anda, kandungan dalam kondisioner bisa memicu munculnya jerawat. Oleh karena itu, jika anda menggunakan kondisioner, sebaiknya jangan sampai mengenai kulit pada bagian punggung anda.

3. Menggunakan pewangi baju
Faktor berikutnya yaitu penggunaan pewangi baju. Hal ini juga dapat memicu munculnya jerawat. Ada sebagian orang tidak cocok dalam penggunaan pewangi baju karena tipe kulit orang tersebut sensitif sehingga terjadi iritasi pada kulit yang bisa mengakibatkan jerawat.

4. Menggunakan tas ransel
Sebetulnya tas bukan salah satu penyebab timbulnya jerawat, namun penggunaan tas ransel dengan beban yang berat mampu menghambat keringat sehingga dapat memicu munculnya jerawat. Oleh sebab itu, jika anda menggunakan tas ransel sebaiknya pilihlah tas dengan tali yang tidak tebal.

5. Baju yang kurang tepat
Jika anda menggunakan baju yang ketat, mungkin hal ini anda termasuk memilih baju yang kurang tepat. Karena dengan menggunakan baju yang ketat dan baju tersebut tidak menyerap keringat dengan baik, akan memicu juga timbulnya jerawat di punggung.

Faktor Penyebab Jerawat Di Muka

Dari semua anggota tubuh terutama bagian kulit yang ditumbuhi jerawat, mungkin bagian kulit mukalah yang paling sering ditumbuhi jerawat. kulit pada bagian muka merupakan bagian yang paling sangat sensitif jika ada benda yang menyentuh bagian tersebut.

Faktor penyebab timbulnya jerawat yang muncul dipunggung sudah tertera di atas, dan yang kedua kami akan mengupas faktor penyebab timbulnya jerawat dimuka. Adapun beberapa faktor penyebab jerawat itu muncul di bagian muka adalah sebagai berikut:

1. Hormon
Setiap orang memiliki hormon yang berbeda. Ada yang rendah dan juga ada yang tinggi. Pada masa purbetas inilah, hormon ini mulai datang. Masa purbetas datang pada umur sekitar 12 tahun ke atas. Jerawat yang ada di muka pun juga bisa disebabkan oleh faktor penyebab jerawat di bagian muka.

2. Faktor keturunan
Faktor keturunan atau gennetik berarti ini datang dari keturunan yang bersangkutan.
Jika timbul jerawat karena faktor genetik, biasanya hal ini sulit untuk di obati. Oleh sebab itu anda harus lebih hati-hati dan bersabar untuk mengobatinya.

3. Merokok
Bagi anda yang biasanya merokok setiap hari, ini juga akan berakibat buruk bagi anda. Namun bukan perokok aktif saja, melainkan juga perokok pasif. Ternyata rokok juga salah satu penyebab jerawat di muka. Soleh sebab itu, sebaiknya kurangi atau hindari rokok.

4. Asap
Faktor penyebab timbulnya jerawat di muka, salah satunya adalah karena asap.seperti yang kita ketahui bahwa asap ada dimana-mana, apalagi jika anda tinggal di kota besar. Berbagai polusi udara yang muncul seperti contoh dari asap rokok, asap kendaraan bermotor dan juga asap pabrik. Selain itu asap juga bisa membuat kulit anda kusan dan juga kering. Oleh sebab itu, jika anda melakukan aktifitas di luar sebaiknya gunakanlah masker terlebih dahulu untuk melindungi kulit bagian muka.

5. Debu
Faktor penyebab jerawat di jidat berikutnya adalah debu. Seperti yang kita ketahui bahwa debu ada dimana-mana di dalam rumah maupun di luar rumah. Jika anda memiliki wajah yang berminyak, lebih mudah menyerap debu dan akan menimbulkan jerawat. Oleh sebab itu, bersihkanlah muka anda secara teratur agar terhindar dari jerawat.

6. Polusi
Pada zaman modern seperti saat ini, banyak sekali polusi yang terjadi. Apalagi jika anda hidup di kota-kota besar. Faktor penyebab jerawat di wajah juga bisa karena polusi udara. Selain mengganggu kesehatan pernafasan, polusi udara juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada bagian muka jika anda tidak memakai masker sebagai pelindung jika anda berada di luar ruangan.

7. Mengkonsumsi makanan yang berminyak
Faktor penyebab jerawat di pipi selanjutnya adalah dari makanan yang berminyak yang anda konsumsi. Makanan seperti inilah yang dapat menimbulkan jerawat . Oleh sebab itu, sebaiknya hindari atau kurangilah mengkonsumsi makanan yang berminyak.

Pada umumnya, ternyata jerawat paling sering menimpa orang yang memiliki jenis kulit yang berminyak di bandingkkan kulit kering. Kulit yang berminyak akan ditandai dengan penampilan anda yang lebih kusam. Jika anda tidak rutin membersihkan muka anda, hal ini akan mengakibatkan timbulnya jerawat dimuka.
Adapun beberapa penyebab kulit berminyak adalah sebagai berikut:

  1. Yang paling utama adalah jika pola makan anda buruk dan tidak sesuai kondisi tubuh anda, hal ini akan menjadi penyebab kelebihan kadar minyak pada muka anda. Makanan yang manis dan juga makanan yang berlemak tinggi juga akan menimbulkan minyak yang berlebih. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan yang seperti itu.
  2. Yang kedua yaitu karena faktor hormonal. Hal ini juga akan menjadi salah satu penyebab kulit menjadi lebih berminyak. Kondisi hormon yang tidak seimbang atau ketika masa puber datang, itu semua juga bisa menjadi pemicu kadar minyak yang berlebih.
  3. Selanjutnya adalah dengan pemilihan jenis kosmetik yang tidak tepat juga dapat menjadikan kadar minyak di wajah lebih meningkat dari sebelumnya.
  4. Yang terakhir yakni karena faktor keturunan. Jika anda mempunyai ibu atau ayah yang miliki kulit berminyak, bisa saja anda juga akan mengalaminya.
Untuk menghindari timbulnya jerawat, sebaiknya cuci muka secara rutin dan teratur paling tidak 2X sehari. Karena jika terlalu sering juga akan bisa mengurangi kelembaban kulit muka anda. Anda bisa menggunakan sabun khusus untuk muka. Tapi jika muka anda sudah ada jerawatnya, sebaiknya gunakanlah obat facial cream khusus jerawat agar tidak terjadi iritasi pada kulit muka anda.

Faktor Penyebab Jerawat Di Dahi

Munculnya jerawat mungkin sudah menjadi momok bagi setiap orang terutama jika jerawat tersebut muncul di bagian muka. Namun ternyata jerawat tersebut selain bisa tumbuh di bagian punggung dan juga di muka, tenyata jerawat juga bisa tumbuh di bagian dahi.

Jerawat yang ada di dahi biasanya berbentuk lebih kecil jika di bandingkan di muka atau punggung. Jerawat yang ada di dahi paling sering timbul secara bergerumbul dan bentuknya yang kecil-kecil. Adapun faktor penyebab jerawat yang timbul di bagian dahi adalah sebagai berikut:

1. Terjadinya penyumbatan pori-pori
Seperti yang kita ketahui bahwa dahi berada di T-Zone, pada bagian tersebutlah dengan produksi minyak yang berlebih. Oleh karena itu jika pori-pori pada bagian dahi akan lebih mudah tersumbat oleh minyak dan akhirnya hal ini akan bisa menyebabkan timbulnya jerawat pada bagian dahi.

2. Adanya ketombe pada rambut
Faktor yang kedua yakni tenryata ketombe pada rambut anda dapat juga emmicu munculnya jerawat pada area dahi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menutupi dahi dengan poni rambut yang sangat tebal. Karena dengan poni yang tebal akan bisa menjadikan kondisi jerawat tersebut semakin parah.

3. Kulit kepala yang berminyak
Pada bagian kulit kepala yang berminyak juga bisa menyebabkan munculnya jerawat pada sekitar dahi. Seperti yang kita ketahui bahwa minyak yang berlebih di bagian kepala juga akan berpengaruh besar pada dahi dan hal itu bisa membuat pori-pori.

4. mengkonsumsi obat tertentu
Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa berpengaruh pada timbulnya jerawat pada area dahi. Sebaiknya, sebelum mengkonsumsi obat-obatan tertentu konsulktasikanlah terlebih dahulu kepada dokter ahli.

5. Pencernaan yang bermasalah
Penyebab jerawat selanjutnya adalah jika anda mengalami permasalahan pada pencernaan. Permasalahan seperti ini dapat di atasi dengan memperbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Dan juga cobalah menghindari beberapa makanan yang rendah gizi seperti contoh makanan siap saji dan gorengan. Jangan lupa untuk melakukan olahraga secara rutin dan teratur.

6. Stress
Stress juga dapat memicu timbulnya jerawat. Cobalah kurangi stress anda dengan melakukan yoga atau meditasi agar pikiran anda bisa lebih tenang. Selain itu anda juga bisa melakukan hal-hal yang positif agar tidak stress lagi.

7. Menggunakan topi
Beberapa orang suka memakai topi kemanapun mereka pergi. Sebenarnya ketika anda memakai topi setiap hari, hal ini dapat menjadikan kotoran, debu dan juga minyak jadi menumpuk pada area dahi. Hal inilah yang dapat menyebabkan timbulnya jerawat pada bagian dahi anda.

8. Faktor hormon
Faktor hormon atau sering disebut dengan faktor genetik atau keturunan. Hal ini sering dialami beberapa orang bahwa mereka yang mengalami jerawat karena faktor keturunan.

Itulah beberapa penjelasan penyebab jerawat yang tumbuh di bagian punggung, dimuka dan juga di dahi. Supaya anda terhindar dari munculnya jerawat ini, sebaiknya anda lebih sering dan lebih memperhatikan kebersihan kulit anda termausk pada bagian kulit rambut, sekitar dahi, punggung dan juga pada bagian muka agar pori-pori pada bagian tersebut tidak tersumbat oleh debu, kotoran dan juga minyak. Baca juga: Tips Dan Solusi Mengatasi Jerawat Meradang Dan Bekas Jerawat Karena Hormon.

Jika pori-pori pada bagian tersebut tersumbat dengan kotoran, debu serta minyak, hal ini akan mengakibatkan tumbuhnya jerawat pada bagian tersebut. Oleh sebab itu, anda harus lebih memperhatikan kebersihan kulit anda.

Munculnya jerawat bisa terlihat dengan jelas karena jerawat merupakan benjolan kecil dari permukaan kulit. Biasanya jerawat tersebut bewarna merah. Jerawat ada yang terasa sakit dan ada juga yang tidak terasa sakit. Pada bagian kulit yang berminyak, biasanya sering ditumbuhi jerawat. Jika jerawat tersebut tidak segera diatasi akan menimbulkan bekas yang bisa membuat anda tidak percaya diri dengan penampilan anda.
Selain dengan menjaga kebersihan, disarankan juga untuk anda agar selalu menjaga konsumsi makanan serta minuman setiap harinya. Dengan cara coba biasakanlah mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang seimbang. Lakukan olahraga secara rutin agar kebutuhan cairan pada tubuh dapat terpenuhi. Dengan melakukan hal itu kesehatan akan selalu memihak pada anda dan juga kulit anda akan lebih sehat serta terhindar dari jerawat yang membandel.

Setelah mengetahui beberapa penyebab jerawat, anda akan lebih mudah untuk mengatasi serta mengobati jerawat yang anda alami tersebut. Jika anda melakukan perawatan wajah dengan benar dan baik, seperti rutin mencuci muka setelah beraktivitas, mungkin jerawat tersebut akan bisa hilang dengan sendirinya. Hindari juga stress dan terlalu sering begadang, Demikianlah ulasan www.obatjerawatan.com dan Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post

0 comments: