Monday, January 16, 2017

Apa Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Pria Remaja Dan Cara Mengatasinya

Penyebab timbulnya jerawat - Ngomong-ngomong soal jerawat memang gak ada habisnya. Pada akhir-akhir ini kalangan remaja ternyata sering mengalami permasalah pada kulit, salah satunya adalah jerawat. Pasalnya tidak hanya remaja putri saja yang mengalaminya, tapi para remaja pria juga mengalami permasalahan jerawat. Jika jerawat itu tumbuh di bagian kulit anda, tentunya akan mengganggu penampilan anda. Terlebih lagi masa remaja adalah masa dimana seseorang telah mencari jati diri. Kemungkinan besar seorang remaja yang mengalami permasalahn jerawat tentunya merasa tidak percaya diri.
Bukan hanya mengurangi rasa percaya diri, ternyata jerawat juga bisa menimbulkan rasa gatal dan jika kulit yang gatal tersebut digaruk secara terus menerus akan mengakibatkan bekas jerawat yang bewarna merah bahkan ada yang bewarna hitam. Pada dasarnya jerawat memang salah satu gangguan kulit karena tersumbatnya kelenjar minyak pada kulit. Kelenjar minyak inilah yang berfungsi untuk mengeluarkan kelebihan minyak yang ada dalam kulit karena seperti yang diketahui bahwa jika kelenjar itu tersumbat oleh beberapa kotoran atau bakteri, maka terjadilah jerawat yang muncul pada bagian kulit tersebut.

Apa Penyebab Timbulnya Jerawat Dan Cara Mengatasinya

Jerawat juga rentan loh terjadi pada pria remaja jika tidak bisa menjaga kondisi badannya. Terjadinya jerawat pada pria remaja kadang berbeda dengan terjadinya jerawat pada remaja putri karena jerawat pada wanita remaja biasanya dikarenakan oleh hormon yaitu hormon progesteron dan estrogen.

Apa Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Pria Remaja Dan Cara Mengatasinya

 

Kebiasaan Penyebab Timbulnya Jerawat Pada Pria Remaja

Namun penyebab timbulnya jerawat pada pria remaja biasanya bukan disebabkan oleh faktor hormon melainkan karena beberapa faktor lainya. Beberapa kebiasaan penyebab timbulnya jerawat pada pria remaja adalah sebagai berikut:

1. Kulit telanjang
Kulit telanjang disini adalah kulit yang tidak ada perlindungan apapun seperti tidak memakai baju, topi, payung atau sunblock. Pernah gak sih anda memperhatikan bagaimana jika kulit terbakar atau jika anda sedang asik bermain di bawah paparan sinar matahari secara langsung tanpa perlindungan apapun? Resiko terjangkitnya kanker kulit bisa dialami oleh siapa saja, penggelapan atau warna kulit akan berubah juga bisa terlihat dan yang paling utama adalah terik matahari bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan juga bisa membuat jerawat tersebut bertambah parah.

2. Kekurangan Zinc
Zinc yang ada dalam tubuh bermanfaat dan bisa mencegah serta mempercepat proses penyembuhan pada jerawata meradang yang ada dikulit anda. Mungkin anda salah satu orang yang pernah mendengar bagaimana kinerja zinc yang ada dalam tubuh untuk melawan jerawat yang timbul pada wajah. oleh sebab itu, jika tubuh anda kekurangan zinc akan membuat wajah anda mudah terserang jerawat. Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh pria adalah dengan melakukan onani, onani merupakan penyebab utama berkurangnya zinc pada tubuh seorang pria secara drastis.

Pada saat seorang pria remaja berejakulasi, secara otomatis zinc dalam jumlah yang sangat banyak dibutuhkan untuk memenuhi produksi sperma. Oleh karena itu jika pria remaja semakin sering berejakulasi dan mengeluarkan sperma, semakin banyak juga zinc pada tubuh akan hilang secara bersamaan dengan rasa nikmat yang keluar pada saat berejakulasi. Jika anda mengalami permasalahan jerawat yang tak kunjung usai, kemungkinan besar kebiasaan ini yang membuat jerawat tumbuh pada wajah anda. Oleh sebab itu, sebaiknya kurangi kebiasaan onani dan penuhi kebutuhan zinc dalam tubuh dengan mengkonsumsi bayam, kepiting, coklat,kacang, dan kuning telur.

3. Brewok, jenggot dan kumis
Sebagian pria menganggap bahwa memiliki brewok, jenggot dan kumis merupakan suatau kewajiban. Walaupun ada beberapa manfaat dari brewok, jenggot dan kumis tersebut, namun hal itu juga bisa menjadi boomerang bagi wajah anda jika anda tidak bisa menjaga kebersihanya. Untuk itu, jangan biarkan brewok, jenggot dan kumis tumbuh terlalu panjang karena jika terlalu panjang akan lebih sulit untuk membersihkanya. Rambut yang tumbuh pada wajah pria yang tidak dibersihkan akan bisa menjadi tempat empuk tumbuhnya jamur dan bakteri penyebab timbulnya jerawat di dagu.

Selain masalah itu, jika memiliki brewok, jenggot dan kumis dan jika anda mencukur hingga tak tersisa, hal itu juga bisa menyebabkan jerawat. Oleh karena itu pada saat mencukur kalau bisa jangan sampai terkena atau menggores pori-pori rambut pada bagian wajah anda.selama proses penyembuhan, biasanya pori-pori akan menutup serta membawa folikel rambut pada bagian wajah seperti brewok, jenggot dan kumis bisa tumbuh kebagian dalam yang menyebabkan peradangan.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakanlah krim pencukur untuk mengurangi iritasi dan infeksi pada kulit ynag ditumbuhi rambut halus di area wajah. yang paling terpenting adalah anda harus benar-benar mengetahu cara mencukur yang baik dan benar dengan cara mencukur rambut halus tersebut searah dengan pertumbuhan rambut, bukan yang berlawanan dengan tumbuhnya rambut pada area wajah tersebut. Jika hal itu dilakukan akan bisa mengurangi resiko iritasi dan juga bisa mencegah kulit dibagian tersebut menjadi hitam.

4. Strees
Penyebab timbulnya jerawat batu selanjutnya yaitu stress. Stress dapat dialami oleh remaja pria maupun wanita remaja, namun ada perbedaan yang significant antara stress yang di alami oleh remaja putri dan remaja pria. Pada saat wanita reamaja mengalami stress, biasanya waita remaja tersebut akan mencari teman curhat untuk mengeluarkan semua keluh kesahnya dan akan berbagi penderitaan bersama. Dengan begitu mereka dapat melanjutkan hidup dengan beban yang ringan.

Tapi pada saat pria remaja mengalami stress, biasanya pria remaja biasanya lebih memilih memendam dan tidak curhat dengan temanya. Sehingga, para pria remaja tidak benar-benar menyelesaikan masalah dan beban masalah yang ada dalam pikiranya, hal inilah yang bisa menyebabkan pria remaja stress. Perasaan stress itulah yang akan tetap menemani kehidupan pria remaja dalam setiap pekerjaanya dan kesibukanya sehari-hari.

Oleh sebab itu, ketika jerawat menyerang para pria, biasanya cenderung akan lebih parah dan tidak membaik kondisinya. Stess juga bisa mempengaruhi kekebalan tubuh yang bisa membuat wajah anda gampang terkena jerawat. Alangkah baiknya, jika anda mempunyai masalah, cobalah untuk berbincang-bincang dengan beberapa teman dekat anda. Karena seperti yang diketahui bahwa tidak semua masalah dapat diselesaikan sendiri. Hal itu juga bisa menghilangkan beban pikiran yang berdampak negatif pada kehidupan anda dan tentunya jerawat pada wajah anda.

5. Kebiasaan begadang
Sebagian besar seorang pria suka begadang hingga tengah malam. Kebiasaan inilah salah satu penyebab timbulnya jerawat di hidung pada remaja pria. Pasalnya waktu yang baik untuk tidur adalah pada pukul 10 malam hingga pukul 5 pagi. Pada saat itulah kulit beregenerasi dengan maksimal, melepaskan sel-sel kulit mati serta bisa memperbaruhi dengan sel kulit yang segar dan sehat. Sebenarnya anda diharuskan membuang sel-sel kulit mati pada wajah dan menggantinya dengan sel kulit yang baru. Namun jika proses regenerasi tidak berjalan dengan baik, keberadaan sel kulit mati bisa menghambat pertumbuhan sel kulit baru.

Pada dasaranya tubuh anda selalu membutuhkan banyak tenaga yang untuk memperbaiki serta meregenerasi kulit pada malam hari ketika anda tidur. oleh sebab itu sebaiknya anda tidur jangan di atas jam 10 malam atau hindari begadang tiap malam. Seperti yang diketahui bahwa tidur merupakan hal yang sangat penting dalam hidup anda serta untuk kesehatan dan juga agar wajah anda bebas dari jerawat yang muncul di wajah. Baca juga: Artikel Obat Alami Jerawat Paling Mujarab Dan Manjur Dari Buah Dan Sayuran untuk wanita.

Cara Mengatasi Jerawat Pada Pria Remaja

Mengetahui beberapa penyebab timbulnya jerawat terutama pada pria remaja adalah salah satu metode untuk menghilangkan jerawat tersebut. Karena ketika anda mengetahui penyebab jerawat yang anda alami, anda bisa dengan mudah mengatasi masalah jerawat yang ada pada wajah anda. Anda juga bisa mencegah bahkan mengobati timbulnya jerawat tersebut. Pada umunya cara mengatasi jerawat pada pria remaja tidak jauh berbeda jika dibandingkan dengan wanita. Oleh sebab itu, lakukanlah beberapa tips cara mengatasi jerawat pada pria ramaja sebagai berikut:
  1. Sebaiknya anda menjaga kebersihan wajah dengan cara mencuci wajah dengan menggunakan sabun khusus untuk wajah yang berbentuk cair minimal 2X sehari. Karena kabanyakan penyebab timbulnya jerawat adalah terdapat penyumbatan pada pori-pori. Oleh sebab itu, dengan cara membersihkan wajah bisa membantu mengangkat kotoran serta bakteri penyebab jerawat pada wajah.
  2. Menjaga pola makan dengan cara mengurangi beberapa daftar makanan penyebab jerawat. Sebaiknya anda mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mencegah timbulnya jerawat. Karena hal ini juga bisa menyeimbangkan nutrisi pada tubuh anda. Kebanyakan para pria kebugaran tubuh merupakan hal yang terpenting dalam hidupnya.
  3. Melakukan scrubbing. Apa salahnya jika anda sekali-kali melakukan scrubbing. Seperti yang diketahui bahwa scrubbing secara teratur bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang tidak bisa di angkat oleh sabun pembersih wajah yang anda gunakan. Sehingga kotoran yang telah mengendap tidak akan bisa menutup pori=pori serta kelenjar minyak penyebab jerawat. Anda bisa menggunakan scrub yang berbahan alami agar terhindar dari efek yang berbahaya.
  4. Lakukan secara rutin untuk mengganti sarung bantal, sprei dan selimut yang anda gunakan minimal 2X dalam sebulan. Karena sarung bantal, sprei dan selimut aadalah benda-benda yang memiliki intensitas yang sangat tinggi dalam hal berinteraksi dengan kulit wajah. oleh sebab itu anda harus bisa menjaga kebersihan wajah dengan maksimal.
  5. Cobalah untuk membiasakan tidur yang cukup karena pada saat anda tidur di malam hari merupakan waktu yang sangat tepat ketika kulit beregenerasi secara maksimal. Dengan melakukan tidur yang berkualitas dan tepat bisa membantu proses penyembuhan jerawat yang dialami oleh pria remaja. Oleh sebab tu janganlah tidur terlalu malam agar jerawat yang anda alami tidak semakin parah.
  6. Memakai masker anti jerawat. Masker anti jerawat sangat berperan untuk mencegah jerawat, meringankan peradangan pada jerawat dan juga bisa mengobati jerawat pada pria remaja. Anda bisa menggunakan masker anti jerawat yang berbahan alami seperti masker alami seperti mentimun, kentang, tomat, dan madu agar terhindar efek yang tidak diinginkan.
  7. Anda bisa memakai obat jerawat yang terpercaya serta mujarab untuk menghilangkan jerawat pada pria.

Demikian beberapa penyebab timbulnya jerawat pada pria remaja dan juga beberapa tips cara mengatasi jerawat tersebut. Jangan malu untuk melakukan cara-cara yang ada di atas karena pada dasarnya setiap orang berhak memiliki kulit yang sehat, indah, bersih dan mulus, baik itu pada wanita ataupun pada pria. Jadi tidak ada salahnya untuk pria remaja jika melakukan perawatan wajah agar terhindar dari munculnya jerawat pada wajah. Sekian saja dari www.obatjerawatan.com , Semoga bermanfaat!
Previous Post
Next Post

0 comments: