Loading...

Thursday, January 26, 2017

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak Dan Berjerawat Alami Yang Aman Di Rumah

Perawatan kulit – Type kulit pada wajah manusia terdiri dari beberapa macam jenis diantaranya ialah type kulit wajah berminyak dan berjerawat, type kulit wajah kering, type kulit wajah kombinasi, type kulit wajah sensitif dan type kulit wajah normal. Setiap type kulit pada wajah mempunyai jenis penanganan dan perawatan yang berbeda-beda pula dan tergolong tidak gampang dalam perawatannya. Yang tergolong cukup mudah ialah type kulit wajah normal karena type tersebut tidak mempunyai pantangan apapun dan tidak butuh penanganan secara khusus seperti pada type kulit wajah yang lainnya.

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak Dan Berjerawat Alami Yang Aman Di Rumah

Sebelum melakukan perawatan kulit tubuh agar putih sebaiknya kenali dulu type wajah apa yang anda miliki agar langkah pertama dan selanjutnya tidak salah. Sebab jika penanganan salah maka masalah kulit lain akan menimpa wajah anda, seperti kulit wajah kering atau berjerawat.

Type kulit wajah berminyak ialah kulit wajah yang mudah sekali mengeluarkan minyak. Ini disebabkan oleh kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebih pada wajah. Sehingga membuat wajah yang tidak menggunakan make up sekalipun akan gampang terlihat kusam, cepat kotor dan tampak mengkilap.

Jika anda tidak terampil dalam merawat type kulit wajah berminyak yang anda miliki maka wajah anda akan sering timbul komedo bahkan wajah anda akan gampang timbul jerawat. Sebab wajah berminyak akan menangkap udara di sekitar, mengendapkan debu dan polusi di atas pori-pori yang mengakibatkan kandungan minyak di dalam pori-pori akan sulit keluar. Debu tersebut akan menghambat jalan keluarnya minyak pada wajah sehingga terjadi lah penyumbatan didalam pori-pori sehingga menyebabkan timbulnya jerawat atau komedo. Jika anda mempunyai wajah berminyak diperlukan perawatan kulit khusus agar wajah dapat mengontrol minyak berlebih. Wajah berminyak juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

Cara Perawatan Kulit Wajah Berminyak Dan Berjerawat Alami Yang Aman Di Rumah

Penyebab Wajah Berminyak

1. Makanan yang berlemak
Anda perlu mengetahui fakta tentang makanan yang mengandung banyak lemak tidak baik atau sehat jika dikonsumsi secara berlebih oleh manusia, sebab jika dikonsumsi secara berlebihan akan adanya penimbunan lemak dalam tubuh dan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya. Masalah wajah berminyak juga merupakan salah satu dampak dari banyaknya anda memakan makanan berlemak, maka itu hindarilah sebisa mungkin untuk tidak mengkonsumsi makanan berlemak secara berlebihan.
2. Hormon
Produksi minyak berlebih di wajah merupakan salah satu tanda pada usia anak yang sudah mulai memasuki masa pubertas atau menjadi seorang remaja. Seorang remaja haruslah bisa beradaptasi dengan hal-hal baru yang sedang terjadi pada dirinya. Pada orang dewasa khususnya pada wanita akan memproduksi banyak minyak saat sedang haid. Maka itu sebaiknya saat sedang haid kita harus bisa mengontrol semua yang kita lakukan dengan baik. Dengan cara mengatur asupan makanan yang seimbang pada tubuh dengan berdasarkan pada kegiatan kita diluar rumah akan mengurangi jumlah minyak yang keluar dari tubuh kita.
3. Tidak cocok dengan kosmetik
Sebagai remaja baru pasti dengan hal-hal baru pun akan tertantang untuk mencobanya. Hal baru ini juga bisa tentang kosmetik, remaja sekarang banyak yang sudah mencoba kosmetik dengan hanya melihat promo atau iklan di tv tentang produk kosmetik jika terlihat menarik tanpa tahu resiko apa yang akan terjadi nanti jika memakainya. Itu semua dilakukan demi menunjang penampilannya di depan umum. Semua itu tidak masalah selama kulit wajah tetap cocok dengan memakai berbagai produk kosmetik tersebut. Tetapi ada baiknya bagi remaja untuk tidak memakai alat-alat kosmetik yang terbuat dari bahan kimia karena dapat memproduksi minyak berlebih, iritasi dan wajah berubah menjadi sensitif apabila wajah tidak bisa menerima dari bahan-bahan kimia tersebut. Lakukanlah percobaan ditangan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakai salah satu merek kosmetik di wajah anda.
4. Keturunan atau genetika
Wajah berminyak juga bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau genetika. Maka itu tidak menutup kemungkinan bahwa orang tua yang memiliki keturunan genetik wajah berminyak juga akan menurunkannya pada kita. Faktor genetik di pengaruhi oleh hormon yang memacu kelenjar minyak pada wajah untuk bisa memproduksi 2 kali lebih cepat dari biasanya. Hal ini tidak dapat dicegah, tapi bisa juga diatasi.

Dengan mengetahui penyebabnya diharapkan anda bisa menetapkan langkah pertama apa yang harus dilakukan pada wajah berminyak yang anda alami. Ini sangat penting karena bisa membantu proses perawatan pada wajah berminyak dan berjerawat nantinya. Melakukan perawatan kulit pada wajah berminyak dapat dengan pergi kesalon atau memakai beberapa produk kecantikan untuk mengurangi kadar minyak di wajah, tetapi dengan pergi ke salon dan memakai produk kecantikan akan cukup menguras biaya kantong anda. Disarankan untuk mencoba cara alami atau menggunakan bahan alami terlebih dahulu agar wajah tidak iritasi dan juga tidak akan menimbulkan efek samping jika dipakai dalam jangka panjang. Baca juga perawatan wajah lainnya: Manfaat Minyak Zaitun Untuk Jerawat Punggung Meradang Dan Berapa Lama Menghilangnya.

Tips Perawatan Kulit Wajah Berminyak Atau Berjerawat Secara Alami Di Rumah

Berikut akan kami ulas beberapa tips perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat secara alami yang bisa anda lakukan di rumah dan cukup efektif jika dilakukan secara rutin dan telaten:

1). Mencuci Muka
Menjaga kebersihan muka sangatlah penting pada wajah berminyak yang bisa menyebabkan jerawat. Untuk menghindari minyak berlebih cobalah untuk mencuci muka menggunakan sabun atau facial foam 2 kali sehari (jangan lebih karena bisa menyebabkan kulit kering). Kelebihan dalam mencuci muka untuk perawatan kulit alami ialah sabun dapat mengikis lapisan kulit wajah, dapat mengontrol kadar minyak pada wajah dan usahakan wajah untuk tidak terkena paparan sinar matahari langsung karena itu dapat memicu kelenjar minyak berproduksi lebih banyak.

2). Minum air putih
Rutin meminum air putih 2 liter sehari akan menjaga metabolisme dalam tubuh. Pada saat kegiatan yang ekstra jika tubuh mengandung banyak air, keringat yang keluar melalui wajah juga akan sedikit mengandung minyak. Sehingga dengan meminum banyak air putih dapat mengontrol kadar minyak keluar pada wajah.

3). Air hangat
Siapkan handuk kecil bersih dan dicelupkan ke dalam air hangat kuku yang telah ditambahkan dengan sedikit garam sebelumnya, lalu usapkan secara perlahan ke wajah. Rasakan sensasi kesejukannya setelah itu. Air hangat dapat membuka pori-pori dan garam dapat mengangkat kotoran yang tersembunyi atau mengendap di dalam pori-pori pada wajah.

Cara Membuat Masker Perawatan Kulit Wajah Berminyak Yang Aman dan Alami

Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan alami dibawah ini sebagai masker perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat di rumah dengan membuatnya terlebih dahulu:

1. Putih telur
Putih telur dapat digunakan sebagai perawatan kulit berjerawat dengan menjadikannya masker. Caranya dengan siapkan sebuah telur, lalu pecahkan dan pisahkan bagian putihnya pada sebuah wadah. Kocok putih telur hingga berbusa. Oleskan putih telur tersebut pada wajah dan biarkan hingga mengering. Selanjutnya bersihkan wajah dengan air hangat dan bersihkan dengan handuk bersih.
2. Mentimun
Selama ini timun yang biasa dipakai sebagai pelengkap lalapan atau menemani makanan anda. Ternyata timun juga bisa dijadikan sebagai perawatan kulit kering dengan masker mentimun yang bisa mengurangi produksi minyak di wajah karema timun mengandung zat astringent yang bisa digunakan mengurangi minyak di wajah.

Cara penggunaannya yang pertama:
Anda bisa menggunakan mentimun sebagai masker saat sebelum tidur. Caranya dengan memotong timun yang masih fresh dengan bentuk bulat lalu ditempelkan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori wajah menutup kembali.

Cara penggunaannya yang kedua:
Perawatan kulit wajah berminyak dan berjerawat yang kedua dengan timun ialah dengan menghancurkan timun dengan cara ditumbuk hingga menjadi bubur timun halus lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, setelah itu basuh wajah dengan air dingin. Dengan memakai masker ini wajah bisa menjadi lebih segar dan minyak kulit pada wajah akan berkurang secara perlahan jika melakukannya secara rutin setiap hari sebelum tidur.

5. Air mawar
Cara perawatan kulit berminyak dan berjerawat secara alami selanjutnya ialah dengan menggunakan air mawar. Caranya dengan mencuci muka menggunakan rendaman air mawar setiap pagi agar wajah anda terbebas dari kandungan minyak berlebih. Hal ini disebabkan kandungan astringent yang ada pada air mawar dapat mengurangi serta mengontrol produksi minyak berlebihan di wajah.

6. Jeruk nipis
Jeruk nipis yang biasa dikenal sebagai penghilang bau amis pada makanan dan membuat harum pada masakan ini juga banyak manfaatnya untuk kecantikan dan perawatan kulit berminyak dan berjerawat pada wajah anda. Kandungan vitamin c nya yang tinggi dapat digunakan sebagai rangsangan agar sel kulit mati cepat tergantikan dengan sel kulit yang baru melalui peremajaan kulit. Jeruk nipis ini juga bisa membantu menghaluskan kulit wajah. Lalu bagaimana cara pembuatan dan penggunaannya? Berikut beberapa tips cara penggunaan berikut pembuatannya:

Jeruk nipis dan putih telur
Dengan mengkombinasikan jeruk nipis beserta telur dapat memberika hasil yang efektif sebagai perawatan kulit tradisional untuk mengontrol minyak di wajah. Caranya dengan menyiapkan jeruk nipis dan memotongnya tipis-tipis berbentuk bulat lalu campurkan dengan sedikit putih telur. Lalu oleskan pada wajah anda dan diamkan hingga mengering atau selama 10-15 menit. Jika sudah bilas wajah menggunakan air dingin. Sehabis menggunakan masker jeruk nipis ini dua kali, anda akan langsung dapat merasakan perbedaannya. Wajah anda akan terasa lebih halus dan lebih kesat serta minyak di wajah akan berkurang cepat.

Air perasan jeruk nipis
Untuk wajah berminyak dan sedang berjerawat memerlukan perawatan khusus yang kali ini dengan menggunakan air perasan dari jeruk nipis. Cara penggunaannya dengan memeras jeruk nipis lalu ditampung dalam wadah bersih. Kemudian oleskan perlahan air jeruk nipis tersebut pada wajah dengan menggunakan kapas, Diamkan selama 15 menit hingga mengering. Lalu setelah itu bilas wajah menggunakan air dingin agar pori-pori mengecil. Lakukanlah secara teratur agar wajah dapat terbebas dari minyak dan jerawat untuk waktu yang lama.

Selama anda melakukan beberapa tips diatas anda juga harus bisa menjaga pola makan untuk lebih mudah dalam mengontrol minyak pada wajah. Hindari dan makan secukupnya untuk makanan berlemak dan terlalu banyak mengandung minyak. Lalu biasakan untuk tetap mengkonsumsi air putih dua liter sehari agar air dapat melarutkan minyak berlebih pada wajah dan tetap membuat wajah anda terlihat fresh dan tidak cepat kusam. Sediakan selalu kertas penyerap minyak dengan cepat yang tersedia banyak di minimarket untuk kebutuhan mendadak.

Itulah beberapa ulasan dari kami www.obatjerawatan.com mengenai wajah berminyak dan berjerawat dan bagaimana cara melakukan perawatan kulit. Selamat mencoba.
Previous Post
Next Post

0 comments: